Begini Cara Warga Jepang Jalani Hidup New Normal

- Selasa, 26 Mei 2020 | 14:37 WIB
Warga Jepang jalani new normal (REUTERS/ Kim Kyung-Hoon)
Warga Jepang jalani new normal (REUTERS/ Kim Kyung-Hoon)

Sehari setelah Jepang mengakhiri status darurat Covid-19, penduduk Jepang sudah beraktivitas seperti biasa dengan pola new normal. 

Orang-orang tetap berjalan mengenakan masker di jam sibuk. Fenomena ini terlihat di stasiun Shinagawa pada hari pertama setelah status darurat Covid-19 di Tokyo dicabut. 

"Saya ingin pergi, minum-minum dan datang ke konser," kata salah satu pegawai kantoran kepada Reuters di Shibuya, Selasa (26/5/2020). 

Tidak seperti pembatasan wilayah di negara lain, Jepang tidak menutup lini bisnis dan beberapa sudah beroperasi normal sebelum status darurat dicabut. 

Meski demikian, warga Jepang tetap mematuhi protokol kesehatan yang dicanangkan pemerintah, seperti memakai masker ketika beraktivitas dan menjaga jarak satu sama lain. 

"Saya masih khawatir, mungkin akan ada gelombang kedua. Jadi kita masih tetap waspada," ujar Naoto Furuki, warga Jepang berusia 45 tahun, sebagaimana dilansir Reuters

Mulai pekan depan, anak-anak kembali bersekolah. Langkah pencegahan pun akan ditingkatkan di setiap kelas. 

Sementara itu Gubernur Tokyo, Yuriko Koike memperingatkan agar tidak berpuas diri dan mengatakan setiap orang harus mulai terbiasa dengan kehidupan "new normal" dan kerja dari rumah sampai vaksin virus corona ditemukan. 

Tidak sedikit pula perusahaan yang membolehkan pegawainya untuk kerja dari rumah jika mereka khawatir dengan kondisi kesehatannya. 

"Kami tidak akan kembali ke gaya kerja lama kami. Kami akan mempercepat praktik kerja baru, menjadikan kerja dari rumah sebagai standar perusahaan," ujar Hidenobu Nakahata, Direktur Eksekutif perusahaan elektronik raksasa, Hitachi. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X