Viral, Video Sejumlah Pemuda Menyiksa Satwa Langka 'Simpai' Sambil Tertawa Kegirangan

- Kamis, 1 April 2021 | 20:34 WIB
Aksi pemuda menyiksa satwa dilindungi (Ist)
Aksi pemuda menyiksa satwa dilindungi (Ist)

Aksi penyiksaan terhadap satwa dilindungi yang dilakukan beberapa orang viral di media sosial.

Diketahui dalam rekaman video yang beredar, terlihat sejumlah pemuda sedang mempermainkan seekor hewan dilindungi yaitu Surili Sumatera (Presbytis melalophos).

Salah seorang pemuda itu tampak menarik ekor simpanse tersebut dan mempermainkannya hingga primata itu tampak mengeluarkan suara seperti jeritan antara ketakutan dan kesakitan.

Dalam kondisi kesakitan, hewan itu mencoba melepaskan diri dari para pemuda tersebut dengan cara melompat-lompat. 

Sementara itu, para pemuda tersebut tampak tertawa kegirangan dengan apa yang mereka lakukan itu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, peristiwa itu terjadi di salah satu kawasan hutan yang berada di daerah Sumatera Barat.

Untuk diketahui, Surili Sumatera atau dikenal dengan nama simpai oleh masyarakat lokal merupakan salah satu satwa endemik pulau Sumatera. 

Primata dari famili Cercopithecidae ini kerap disebut Simpai atau Surili Sumatera.Daerah sebaran satwa ini terbatas di berada pulau Sumatera.

Penurunan populasi dan ancaman yang terus terjadi membuat IUCN memasukkannya sebagai spesies Endangered dalam daftar merahnya. CITES juga memasukkannya dalam daftar appendix II.

Sedang di Indonesia, Simpai termasuk hewan yang dilindungi berdasarkan UU Nomor 5 Tahun 1990 Tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X