The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pemerintah Diminta Waspada Potensi Penyebaran Virus Nipah di Indonesia
Ilustrasi virus. (freepik/kjpargeter)
News

Pemerintah Diminta Waspada Potensi Penyebaran Virus Nipah di Indonesia

Dari hewan ternak babi.

Kamis, 28 Januari 2021 10:55 WIB 28 Januari 2021, 10:55 WIB

INDOZONE.ID - Komisi IX DPR RI meminta pemerintah untuk mengantisipasi masuknya virus Nipah ke Indonesia dari hewan ternak babi di Malaysia. Salah satunya memberikan edukasi kepada masyarakat terkait virus ini.

“Sebelum terlambat, sebaiknya pemerintah segera mengedukasi masyarakat tentang virus nipah,” kata ujar Anggota Komisi IX DPR RI, Netty Prasetiyani Aher kepada Indozone, Kamis (28/1/2021).

Kata Netty, edukasi yang harus dilakukan pemerintah ini baik itu ciri-ciri, penularan, cara pencegahan, apa-apa yang harus dihindari dan sebagainya ini harus disampaikan secara merata kepada masyarakat.

“Sebenarnya saran dari WHO untuk mencegah penularannya sudah ada. Nah, menurut saya ini perlu tersampaikan secara baik dan menyeluruh kepada masyarakat,” tutur dia.

Disamping itu, Netty mengingatkan bahwa sebagian ahli kesehatan mengkhawatirkan virus nipah akan menjadi pandemi baru. Namun, menurutnya kekhawatiran ini tidak boleh langsung terburu-buru untuk menyimpulkan apalagi virus ini sudah pernah ada tahun 1999 di Malaysia.

Meski demikian Politisi PKS ini menekankan semua pihak harus waspada terhadap potensi penularan virus nipah yang berasal dari hewan ternak babi di Malaysia melalui kelelawar pemakan buah ini.

“Terutama dari beberapa penelitian menunjukkan adanya pergerakan kelelawar buah yang masif dari Malaysia ke Pulau Sumatera yang memang dekat dengan Malaysia,” tandas Netty.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Yulia Marianti
Harits Tryan Akhmad
JOIN US
JOIN US