Sekolah Tatap Muka Awal 2021, Pengamat: Asal Pemda Jamin Prokes Ketat!

- Sabtu, 21 November 2020 | 14:53 WIB
Sejumlah murid SD Negeri Curug mengikuti kegiatan belajar mengajar tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan di Serang, Banten. (ANTARA/Asep Fathulrahman)
Sejumlah murid SD Negeri Curug mengikuti kegiatan belajar mengajar tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan di Serang, Banten. (ANTARA/Asep Fathulrahman)

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim sudah mengizinkan sekolah tatap muka berlangsung di tengah pandemi pada awal 2021. Pengamat menilai pemerintah daerah (pemda) dalam hal ini harus memastikan seluruh sekolah menegakkan protokol kesehatan (prokes) dengan ketat.

"Kultur kita cenderung berkerumun. Jadi kalau diterapkan tatap muka, pemda harus bisa memastikan mampu dan memiliki kapasitas untuk mengontrol protokol kesehatannya," kata pengamat pendidikan Ina Liem saat dihubungi Indozone, Sabtu (21/11/2020).

Ina menyebut sejatinya sudah banyak sekolah-sekolah yang berlangsung dengan tatap muka. Sekolah-sekolah itu berada di tempat-tempat terpencil dan menyulitkan adanya belajar online.

"Tapi kalau kita masuk ke kampung-kampung sebetulnya pada prakteknya sudah banyak sekolah dibuka tatap muka tanpa menjalankan protokol kesehatan yang ketat karena mereka memang tidak punya gadget," ungkap Ina.

Selain itu, sekolah tatap muka memang diharapkan pelajar untuk kembali diberlakukan. Sebab, sudah banyak pelajar yang merasa jenuh ketika terus menerus belajar dari rumah.

"Memang di satu sisi sangat berbahaya justru saat angka positif covid meningkat kok malah dibuka sekolah tatap muka ya? Tapi di sisi lain setelah delapan bulan (belajar di rumah) banyak anak dan keluarga makin stres dan putus sekolah," kata Ina.

Seperti diketahui, Kemendikbud sudah memberikan izin sekolah tatap muka kembali berlangsung pada awal tahun depan. Namun, untuk orang tua yang masih melarang anaknya pergi ke sekolah untuk tatap muka masih diperbolehkan tidak ke sekolah.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X