The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Fakta Lahan Baru Pemakaman Pasien Covid TPU Bambu Apus Senilai Rp185 Miliar, Disorot Dewan
Lokasi pemakaman jenazah pasien Covid di DKI Jakarta. (Antara)
News

Fakta Lahan Baru Pemakaman Pasien Covid TPU Bambu Apus Senilai Rp185 Miliar, Disorot Dewan

Jumat, 22 Januari 2021 17:11 WIB 22 Januari 2021, 17:11 WIB

INDOZONE.ID - Lokasi pemakamanan yang baru berada di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Bambu Apus di Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur seluas 3 ribu meter persegi telah tersedia.

Saat ini TPU Bambu Apus pun telah memakamkan 30 jenazah pasien Covid-19 selama dua hari kemarin.

"Hari ini baru dimulai (pembukaan lahan baru). Jadi, untuk sementara jenazah yang dimakamkan di TPU Pondok Ranggon dialihkan ke TPU Bambu Apus," kata Penanggung Jawab Pelaksana Pemakaman COVID-19 di TPU Pondok Ranggon, Muhaemin Kamis (22/1/2021) kemarin.

Muhaemin mengatakan lahan baru tersebut telah ditetapkan Pemprov DKI sebagai tempat pemakaman dengan prosedur COVID-19 sebab lahan di TPU Pondok Ranggon telah penuh sejak akhir 2020.

Sebelum lahan baru tersebut dibuka, jenazah pasien COVID-19 yang dirujuk rumah sakit untuk dimakamkan di Pondok Ranggon terpaksa dialihkan ke TPU Tegal Alur, Jakarta Barat atau TPU Srengseng Sawah, Jakarta Selatan.

Lahan baru di Bambu Apus mulai menerima pemakaman jenazah sejak Kamis pagi.

"Sampai siang tadi sudah dua jenazah pasien Covid-19 dimakamkan di TPU Bambu Apus. Luas lahan yang disediakan sekitar 3.000 meter persegi," katanya

TPU Bambu Apus diperkirakan sanggup menampung maksimal 700 jenazah dengan protokol COVID-19.

Muhaemin memastikan seluruh prosedur pembukaan lahan baru telah melalui mekanisme aturan yang berlaku, termasuk izin dari warga di lingkungan sekitar.

Dinas Pertamanan dan Kehutanan Kota DKI Jakarta, kata Muhaimin, sudah menyosialisasikan kepada warga sekitar dan tidak muncul penolakan.

Pengadaan lahan untuk pemakaman pasien Covid-19 yang sudah sesak mendapat sorotan dari anggota DPRD DKI Jakarta.

Diketahui Pemprov DKI Jakarta dikabarkan telah membeli lahan baru itu senilai Rp185 miliar. Informasi ini disampaikan oleh Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Justin Untayana.

"Saya dapat info bahwa Pemprov DKI sudah membayar sekitar Rp185 miliar untuk pengadaan tanah RTH (Ruang Terbuka Hijau) makam," ucap Justin dalam keterangannya, Jumat (22/1/2021).

Kendati demikian, Justin menilai kalau hingga saat ini keberadaan lahan untuk pemakaman Covid-19 masih kritis. Maka, ia pun mempertanyakan pembelian lahan yang sudah dibeli tersebut.

"Kalau tanah untuk makam tersebut sudah dibayar, maka seharusnya segera digunakan untuk masyarakat. Tapi, realitanya hingga saat ini malah terjadi krisis pemakaman Covid-19,” terangnya.

Selain itu, anggota fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tersebut juga menyayangkan Pemprov DKI yang tidak transparan mengenai lokasi lahan makam telah dibeli.

Padahal, ia mengungkapkan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah mengalokasikan anggaran Rp219 miliar di APBD-P tahun 2020 untuk pengadaan tanah Ruang Terbuka Hijau (RTH) makam.

"Saat Pemprov DKI minta anggaran Rp219 miliar di rapat-rapat DPRD, mereka tidak pernah terbuka mengenai lokasi lahan makam yang akan dibeli. Hingga saat ini pun kita tidak tahu di mana lahan tersebut. Ini kan dibeli pakai uang rakyat, tapi mengapa lokasi lahan seolah-olah dirahasiakan?” beber Justin.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
JOIN US
JOIN US