The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kapal Tongkang Batu Bara Dihantam Ombak, Warga Berebut Kumpulkan, Dapat 3 Ton untuk Dijual
Seorang anak tengah menyeret karung plastik yang berisi batu bara (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)
News

Kapal Tongkang Batu Bara Dihantam Ombak, Warga Berebut Kumpulkan, Dapat 3 Ton untuk Dijual

Jumat, 22 Januari 2021 14:12 WIB 22 Januari 2021, 14:12 WIB

INDOZONE.ID - Puluhan warga di Pantai Pandanarum, Desa Ujung Batu, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, kini punya aktivitas baru, yaitu berburu batu bara.

Sebelumnya, sebuah kapal tongkang bermuatan batu bara dihantam ombak di awal Januari 2021, sehingga muatannya tumpah ke laut. Batu bara inilah yang kemudian dikumpulkan oleh warga untuk dijual.

"Hampir dua pekan terakhir, saya rutin mencari batu bara di tepi Pantai Pandanarum karena informasinya bisa dijual dengan harga mencapai Rp2.000 per kilogram," kata salah seorang warga Desa Ujung Batu, Puji Hariyanto, dikutip dari Antara, Jumat (22/1/2021).

Tidak tanggung-tanggung, Puji bahkan sudah mengumpulkan batu bara hingga 3 ton dengan bantuan 3 orang. Ombak membawa batu bara yang tadinya di tengah laut, menjadi pindah ke tepi pantai dan diperebutkan warga.

Sampai sekarang, aktivitas ini masih terus dilakukan warga karena masih banyak batu bara yang berserakan. Diduga, kapal tongkang itu mengangkut puluhan ton batu bara.

Dalam sehari, warga bisa mengumpulkan beberapa sak batu bara. Namun, ada pula warga yang sudah susah payah mengumpulkan batu bara dalam jumlah banyak, tapi tidak tau harus menjual kemana.

"Jika ada yang bersedia membeli, tentunya akan langsung saya jual, karena saya juga tidak bisa memanfaatkannya untuk memasak atau lainnya. Maklum belum paham tata cara pemanfaatannya," ujar Miskan, warga lainnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor
JOIN US
JOIN US