Kemenpora dan Polri Pastikan Ajang Piala Menpora Terapkan Prokes Ketat

- Minggu, 21 Maret 2021 | 09:45 WIB
Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono. (Dok. Divisi Humas Mabes Polri)
Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono. (Dok. Divisi Humas Mabes Polri)

Setelah memberikan lampu hijau terkait pergelaran pertandingan sepakbola Piala Menpora, Polri menyebut pergelaran ini akan menjalankan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Tak hanya itu, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI juga memastikan hal yang sama.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Argo Yuwono. Irjen Argo menyebut kedisiplinan prokes sudah menjadi komitmen dari Kemenpora.

"Sebagaimana arahan Pak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, kegiatan kepemudaan dan keolahragaan harus dilakukan dengan kedisiplinan dan adanya komitmen dari seluruh pihak terkait dalam menerapkan protokol kesehatan. Serta adanya penegakan aturan yang tegas," kata Irjen Argo dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Minggu (21/3/2021).

Dalam pelaksanaan ajang ini, Sekretaris Kemenpora Gatot S Dewa Broto menyebut aparat kepolisian berhak menghentikan laga ini jika didapati prokes yang tidak diterapkan. Kemenpora sendiri disebutnya sudah melakukan rapat koordinasi dengan PSSI, PT LIB hingga Polri terkait prokes tersebut.

"Tak perlu khawatir, ini kan hanya uji coba, polisi berhak menghentikan laga jika terjadi pelanggaran prokes saat gelaran Piala Menpora," kata Gatot.

BACA JUGA: Tarif Tes Genose C19 di Stasiun Kereta Api Naik, PT KAI: Itu untuk Tingkatkan Pelayanan

Lebih jauh Gatot menyebut laga-laga sebelumnya sempat berhasil digelar dengan tentunya menerapkan prokes ketat. Poin pertandingan sebelumnya juga akan diterapkan pada laga ini.

"PSSI dan LIB kan sudah menjelaskan prokes di stadion sebelum dan sesudah. Dua pertandingan itu lancar," beber Gatot.

Sekadar informasi, Menpora Zainudin Amali sempat bertemu dengan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo beberapa waktu yang lalu. Pertemuan itu membahas seputar kegiatan olahraga di tengah pandemi virus corona.

Kapolri Jenderal Sigit sendiri sempat menyebut jika Polri mengizinkan kegiatan olahraga digelar. Namun, Kapolri menekankan kegiatan yang berlangsung wajib menerapkan prokes yang ketat.

Setelah mendapat restu dari Polri, Piala Menpora pun bakal digelar. Ajang tersebut akan dimulai pada hari ini.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X