Polemik Kalung Antivirus Corona, Ustaz Abdul Somad Angkat Bicara, Simak Penjelasannya

- Selasa, 14 Juli 2020 | 14:32 WIB
Ustaz Abdul Somad dan Kalung Antivirus Corona
Ustaz Abdul Somad dan Kalung Antivirus Corona

Kalung antivirus corona yang rencananya akan diproduksi Kementerian Pertanian terus mendulang polemik. Kontroversi menyeruak dan menimbukkan beragam tanggapan dari publik.

Ada yang meragukan, namun ada pula yang yakin. 

Polemik kegunaan kalung antivirus corona timbul setelah pernyataan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang menyebutnya bisa membunuh virus corona. Setelah viral, kementerian yang dipimpin Syahrul justru membantah klaim tersebut.

Kalung itu, menurut Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian, hanya sebatas aromaterapi. Bukan antivirus corona.

Mengenai kalung tersebut juga menarik perhatian ustaz kondang tanah air, Abdul Somad Batubara. Melalui akun Instagram miliknya, @ustadzabdulsomad_official.

“Hukum Kalung Korona?” tulis akun tersebut.

Pada video unggahannya, ustaz yang akrab disapa UAS itu menjelaskan sejumlah kriteria pengobatan yang dikenal dalam Islam. Dia juga mengisahkan beberapa contoh jenis pengobatan di zaman Rasulullah SAW.

UAS mengawali penjelasannya dengan menceritakan hukum berobat sesuai ajaran Islam. 

"Hendaklah kamu berobat dengan dua, berobat dengan madu dan berobat dengan Al Quran. Kenapa berobat dengan madu kok boleh, lalu kenapa berobat dengan batu ponari kok syirik? Madu itu logis, dicek dan diteliti, ternyata ada korelasi dengan kesehatan," kata UAS.

"Sedangkan batu tadi, tidak ada korelasinya. Bisa jadi ada jin atau setan di dalamnya, bisa jadi orang tersugesti sehingga rusak keyakinannya," sambungnya.

Menurut UAS, terdapat tiga cara pengobatan yang diajarkan dalam Islam.

"Oleh karena itu, dalam Islam diajarkan cara pengobatan itu ada tiga," katanya.

Pada zaman Rasulullah, orang yang sakit akan diarahkan menemui seorang yang ahli dalam bidang medis. Kemudian ada juga metode pengobatan yang disebut ruqyah. Yang terakhir adalah herbal.

"Nah, sekarang kalung corona ini siapa yang bisa membuktikan? Apakah jenis madu, hamba sauda' yang ada korelasi hubungan medisnya, atau kalung corona ini sejenis batu ponari? Itu yang bisa mengeluarkannya Ikatan Dokter Indonesia, saya tunggu hasil penelitiannya," ujar UAS.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X