The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Fokus di 5 Destinasi Wisata, Pemerintah Anggarkan Rp14,4 Triliun untuk Pariwisata
Labuan Bajo (ANTARA/Kornelis Kaha)
News

Fokus di 5 Destinasi Wisata, Pemerintah Anggarkan Rp14,4 Triliun untuk Pariwisata

Kata Jokowi di Sidang Tahunan MPR

Jumat, 14 Agustus 2020 19:08 WIB 14 Agustus 2020, 19:08 WIB

INDOZONE.ID - Pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp14,4 triliun di dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) tahun 2021, untuk melanjutkan pengembangan sektor pariwisata di Indonesia. 

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam pidato pembukaan nota keuangan RUU APBN 2021 di Gedung Parlemen, Jumat (14/8/2020)  mengatakan, setidaknya ada empat fokus anggaran pemerintah untuk sektor pariwisata di tahun depan. 

Pertama adalah pemulihan pariwisata, dengan pengembangan destinasi pada lima fokus kawasan, yaitu Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang.  

"Kedua yaitu pengembangan aspek 3A yaitu atraksi, aksesibilitas, dan amenitas serta peningkatan pada 2P, yaitu promosi dan partisipasi pelaku usaha swasta," ujar Jokowi. 

Ketiga yakni pendekatan storynomics tourism yang mengedepankan narasi, konten kreatif, living culture, dan kekuatan budaya. 

"Terakhir yaitu pemanfaatan skema KPBU dalam membangun pusat-pusat hiburan, seperti theme park yang akan menyerap banyak wisatawan," pungkasnya.

Artikel menarik lainnya

TAG
Susi Fatimah
Sigit Nugroho
JOIN US
JOIN US