Deretan Penerima Penghargaan Bintang Mahaputera dari Jokowi, Mulai Susi hingga Gatot

- Jumat, 6 November 2020 | 09:21 WIB
Penerima penghargaan Bintang Mahaputera dari Jokowi, Susi Pudjiastuti (Twitter/@susipudjiastuti), Gatot Nurmantyo (Antara).
Penerima penghargaan Bintang Mahaputera dari Jokowi, Susi Pudjiastuti (Twitter/@susipudjiastuti), Gatot Nurmantyo (Antara).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan penghargaan Bintang Mahaputera Utama dan Naraya kepada sejumlah tokoh. Salah satu nama yang masuk dalam list penerima penghargaan itu yakni eks Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti hingga eks Panglima TNI Jenderal Purn Gatot Nurmantyo.

Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan akan ada sekitar 30 orang yang mendapatkan penghargaan itu. Penghargaan itu diberikan memang khusus untuk anggota kabinet Presiden Jokowi pada priode pertama.

"Semua anggota kabinet yang dapat tugas dipemerintahan sampai satu priode selesai itu mendapat Bintang Mahaputera," kata Mahfud MD melalui akun Youtube Kemenko Polhukam RI seperti dilihat Indozone, Jumat (6/11/2020).

Ada beberapa nama yang cukup menyorot dalam pemberian penghargaan ini. Nama yang paling menyorot yaitu nama eks Panglima TNI Jenderal Purn Gatot Nurmantyo.

Baca Juga: Gatot Nurmantyo Dapat Gelar Bintang Mahaputera, Mahfud MD: Harus Diberi Tanpa Pandang Bulu

"Gatot Nurmantyo itu pernah menjadi Panglima, Panglima itu adalah anggota kabinet. Oleh sebab itu Gatot termasuk anggota kabinet Pak Jokowi yang belum mendapat dan yang akan mendapat banyak ada 30 orang lebih lah," ungkap Mahfud.

Mengenai nama Gatot sendiri Mahfud tidak menampik akan banyak spekulasi berbagai pihak terkait pemberian penghargaan itu. Dia menyebut pemberian penghargaan itu murni diberikan atas kinerja Gatot selama ini.

"Saya baca disebuah berita ada orang berkomentar ini pemberian Bintang Mahaputera ke GN ini tidak pada waktunya, aneh, ndak aneh karena dia anggota kabinet bersama yang lain," kata Mahfud.

Selain Gatot, ada pula nama eks Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang ikut mendapat penghargaan itu. Penghargaan itu sejatinya akan diberikan Presiden Jokowi pada tanggal 11 November 2020 mendatang.

"Ada Susi Pudjiastuti itu dapat, itu juga orang kritis, ada Retno Marsudi, Luhut Pandjaitan dan beberapa menteri yang sudah selesai tapi belum mendapat itu," kata Mahfud.

Seperti diketahui penghargaan Bintang Mahaputera diberikan untuk menghargai atau memberi kehormatan tinggi kepada mereka yang berjasa luar biasa untuk keutuhan, kelangsungan serta kejayaan bangsa dan negara. Penghargaan itu diberikan kepada tokoh-tokoh yang pernah ada di kabinet presiden.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X