Mengenal Saksang Babi, Kuliner Khas Batak yang Viral Jadi Rasa Indomie Hasil Foto Editan

- Selasa, 21 Juli 2020 | 13:59 WIB
Saksang babi (kiri/Instagram/@borukaro) dan foto editan Indomie rasa saksang babi (kanan/Istimewa).
Saksang babi (kiri/Instagram/@borukaro) dan foto editan Indomie rasa saksang babi (kanan/Istimewa).

Menyusul kehebohan akibat foto Indomie rasa saksang babi khas Sumatera Utara yang terbukti hoaks karena merupakan hasil editan yang viral di media sosial, sebagian orang bertanya-tanya, apa itu saksang babi dan apa saja bahan untuk memasaknya.

Perlu diketahui, saksang tidak selalu dimasak dengan melibatkan daging babi, tetapi juga bisa diganti dengan daging lain, seperti daging anjing, kerbau, sapi, atau bahkan kambing.

Untuk membuat saksang, daging dicincang kecil dan dibumbui dengan aneka rempah khas Batak yang terkenal dengan rasanya yang kuat. Salah satu rempah yang wajib ikut adalah andaliman. Kehadiran andaliman memberikan sensasi asam yang menyegarkan dalam kuah saksang. Getir andaliman inilah, seperti halnya pada arsik, yang menjadikan rasa saksang khas.

-
Saksang babi. (Foto: Instagram/@borukaro)

Andaliman sendiri memang tidak bisa didapatkan dengan mudah. Buah mungil yang masih berkerabat dengan jeruk ini hanya tumbuh di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara.

Selain andaliman, rempah lain yang dipakai untuk membuat saksang adalah cabai merah, bawang merah, bawang putih, merica, ketumbar, lengkuas, serai, daun jeruk, garam, serta tak ketinggalan, darah dari daging hewan yang dipakai.

Jadi, misalkan saksang babi, maka darah yang dipakai adalah darah babi. Darah yang dipakai dicampur dengan jeruk terlebih dahulu.

Baca juga: Heboh Indomie Rasa Saksang Babi, Ini Jawaban Indomie

Untuk cara memasaknya, semua bumbu, kecuali daun jeruk, diulek atau digiling menjadi satu. Setelah itu, bumbu ditumis hingga menguarkan aroma. Selanjutnya masukkan daun jeruk dan tunggu sampai sekitar sepuluh detik.

-
Proses memasak saksang khas Batak. (Foto: Instagram/@borukaro)

Setelah itu, masukkan potongan daging dan beri sedikit air untuk meresapkan bumbu ke dalam daging. Kecilkan api dan tunggu sampai bumbu meresap.

Pada tahap ini, masukkan darah dari hewan yang dipakai. Misalnya saksang babi, masukkan darah babinya. Pada tahap ini juga, masukkan garam dan cicipi sampai asinnya pas.

Sampai di sini, tinggal tunggu sampai masakan bumbu mulai sedikit menyusut, petanda sudah meresap ke dalam daging.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X