The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Polri Benarkan Brigjen Prasetyo Utomo Beri Surat Jalan Djoko Tjandra, Terancam Dicopot
Brigjen Prasetyo Utomo mengeluarkan suarat sakti buat Djoko Tjandra. (Istimewa)
News

Polri Benarkan Brigjen Prasetyo Utomo Beri Surat Jalan Djoko Tjandra, Terancam Dicopot

Rabu, 15 Juli 2020 15:15 WIB 15 Juli 2020, 15:15 WIB

INDOZONE.ID - Tudingan Indonesia Police Watch (IPW) terhadap oknum petinggi Polri yang mengeluarkan surat jalan untuk Djoko Tjandra buronan kelas wahid RI yang diburu sejak 2009 terkait kasus pengalihan hak tagih Bank Bali, ternyata benar.

"Jadi dalam pemberian dan pembuatan surat Kepala Biro inisiatif sendiri dan tidak izin sama pimpinan. Jadi membuat sendiri dan dalam proses pemeriksaan di Propam," ungkap Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (15/7/2020).

Kata Argo, surat jalan tersebut dikeluarkan atas inisiatif Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan PPNS Bareskrim Polri yang kini dijabat oleh Brigjen Prasetyo Utomo.

Ia memastikan, surat tersebut tidak diketahui Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo dan Kapolri Jenderal Idham Azis.

Baca juga: Sosok Brigjen Prasetyo Utomo Jadi Sorotan, Heboh Surat Sakti Bareskrim Buat Djoko Tjandra

Baja juga: Brigjen Prasetyo Utomo Dituduh Lindungi Djoko Tjandra, Propam Polri Diminta Periksa

Argo mengatakan proses pemeriksaan terhadap mantan Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumsel itu telah dilakukan Propam Polri dan akan ditentukan statusnya pada sore hari ini.

"Kalau terbukti akan dicopot dari jabatannya. Sedang jalan pemeriksaan, sore selesai, dan akan dicopot kalau terbukti. Ini pembelajaran," kata Argo.

Sebelumnya beredar surat sakti dari Bareskrim Polri untuk Djoko Tjandra agar leluasa bepergian di dalam negeri.

Dari data yang diperoleh IPW, Surat Jalan untuk Djoko Chandra dikeluarkan Bareskrim Polri melalui Biro Koordinasi dan Pengawasan PPNS, dengan Nomor: SJ/82/VI/2020/Rokorwas, tertanggal 18 Juni 2020, yang ditandatangi Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan PPNS Bareskrim Polri Brigjen Prasetyo Utomo.

Baca juga: IPW Desak Brigjen Prasetyo Utomo Dicopot, Lindungi Djoko Tjandra Beri Surat Jalan

Surat Jalan untuk Djoko Tjandra. (Istimewa)
Surat Jalan untuk Djoko Tjandra. (Istimewa)

Dalam surat jalan tersebut Djoko Chandra disebutkan berangkat dari Jakarta ke Pontianak Kalimantan Barat pada 19 Juni dan kembali pada 22 Juni 2020.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US