Astaga! Jokowi Timbulkan Kerumunan Massa saat Berkunjung ke NTT, Alasan Istana Mengejutkan

- Selasa, 23 Februari 2021 | 19:41 WIB
Presiden Jokowi saat berkunjung ke Kota Maumere, NTT, Selasa (23/2/2021).
Presiden Jokowi saat berkunjung ke Kota Maumere, NTT, Selasa (23/2/2021).

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin memberi penjelasan mengenai kerumunan massa yang ditimbulkan Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke Kota Maumere, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (23/2/2021).

Menurut Bey, peristiwa itu terjadi saat warga berjejer di sepanjang jalan dari Bandara Frans Seda Maumere hingga menuju Bendungan Napun Gete, Kabupaten Sikka.

"Benar itu video di Maumere, setibanya di Maumere, Presiden dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju Bendungan Napun Gete," kata Bey dilansir dari ANTARA.

Seperti diketahui, Jokowi mengunjungi NTT untuk meresmikan Bendungan Napun Gete serta meninjau area lumbung pangan di Desa Makata Keri, Kecamatan Katiku Tana, Kabupaten
Sumba Tengah.

Namun di sela kedatangannya, terjadi kerumunan massa. Video tersebut bahkan beredar di media sosial dan menuai kecaman.

"Saat dalam perjalanan, masyarakat sudah menunggu rangkaian di pinggir jalan, saat rangkaian melambat masyarakat maju ke tengah jalan, sehingga membuat iring-iringan berhenti," ungkap Bey.

Mobil yang membawa Jokowi juga sempat berhenti. Jokowi kemudian melambaikan tangan ke warga melalui rooftop mobil.

"Kebetulan mobil yang digunakan Presiden atapnya dapat dibuka, sehingga Presiden dapat menyapa masyarakat, sekaligus mengingatkan penggunaan masker karena kalau diperhatikan, dalam video tampak saat menyapa pun Presiden mengingatkan warga untuk menggunakan masker dengan menunjukkan masker yang digunakannya," ujar Bey.

Pada saat itu, Jokowi juga sempat membagikan barang ke masyarakat.

"Itu spontanitas Presiden untuk menghargai antusiasme masyarakat, 'suvenirnya' itu buku, kaos, dan masker. Intinya Presiden tetap mengingatkan warga tetap menaati protokol kesehatan," kata Bey.

Kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) hari Selasa (23/2/2021) menuai sorotan. Pasalnya, kedatangan Jokowi ke daerah tersebut menimbulkan kerumunan massa. 

Video yang menampilkan momen tersebut dibagikan akun Instagram @jayalah.negeriku. Pada video berdurasi 1 menit 13 detik itu, Jokowi terlihat disambut oleh ratusan hingga ribuan rakyat. Ia terlihat berada di dalam mobil dengan atap terbuka.

Jokowi melambaikan tangan untuk menyapa rakyat yang menjunjung dan mengelu-elukannya selama beberapa saat. Ia berdada-dada ke arah kerumunan rakyat.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X