The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Para Ketua DPD Minta Pengkhianat Dipecat, Upaya KLB Partai Demokrat Diprediksi Gagal
Agus Harimurti Yudhoyono. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
News

Para Ketua DPD Minta Pengkhianat Dipecat, Upaya KLB Partai Demokrat Diprediksi Gagal

Kamis, 25 Februari 2021 00:55 WIB 25 Februari 2021, 00:55 WIB

INDOZONE.ID - Seluruh Ketua DPD Partai Demokrat se-Indonesia kompak meminta Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memecat segelintir kader yang berupaya mengambil alih kepemimpinan partai tersebut.

Hal ini disampaikan Ketua DPD Partai Demokrat Sulawesi Selatan Ni’matullah saat memberi keterangan pers di Jakarta, Rabu (24/2/2021).

Menurut Ni’matullah, seruan ini disampaikan secara serempak dalam deklarasi pernyataan bersama ketua DPD Demokrat.

“Bertekad untuk melawan para pelaku gerakan pengambilalihan kepemimpinan Partai Demokrat, termasuk meminta DPP untuk melakukan pemecatan terhadap kader yang berkhianat,” kata Ni’matullah dilansir dari ANTARA.

Selain meminta pemecatan, para Ketua DPD Partai Demokrat juga mendeklarasikan sumpah setia dan tunduk patuh pada konstitusi Partai Demokrat.

Mereka menyatakan tunduk pada kepemimpinan AHY yang ditetapkan melalui kongres V Partai Demokrat serta mendapatkan pengesahan dari Kementerian Hukum dan HAM.

Selain itu, mereka juga bertekad membangun dan membesarkan Partai Demokrat. Deklarasi para ketua DPD ini sekaligus menihilkan upaya melakukan kongres luar biasa atau KLB.

Dalam AD/ART Partai Demokrat, KLB hanya bisa dilaksanakan antara lain dengan persetujuan dua per tiga dari jumlah ketua DPD sebagai pemilik suara.

Para Ketua DPD Partai Demokrat itu berkumpul mendengarkan paparan dan arahan dari Ketua Umum AHY serta dari Ketua Majelis Tinggi Partai SBY.

Pertemuan dilakukan dengan prosedur kesehatan yang ketat, termasuk mensyaratkan semua peserta negatif COVID-19 dengan membawa hasil PCR swab test yang sah, mengenakan masker dan menjaga jarak.

Dalam paparannya, AHY menjelaskan kronologi upaya pengambilalihan paksa kepemimpinan DPP Partai Demokrat yang ternyata sudah dimulai sejak awal Januari 2021.

Segelintir kader dan mantan kader yang berkhianat membujuk para Ketua DPD, DPC dan sejumlah kader untuk bergabung menumbangkan kepemimpinan yang sah. Isu-isu yang dipakai kelompok tersebut diklaim sebagai hoaks.

“Partai Demokrat is not for sale," kata SBY.

Artikel menarik lainnya

TAG
Nanda Fahriza Batubara

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US