Jokowi Ikut KTT LB G20 Setelah Pemakaman Ibu, Netizen: Hebat, Langsung Kerja!

- Kamis, 26 Maret 2020 | 23:59 WIB
Presiden RI Joko Widodo didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Keuangan Sri Mulyani mengikuti KTT LB G20 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (26/3/2020). (BPMI Setpres/Muchlis Jr)
Presiden RI Joko Widodo didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Keuangan Sri Mulyani mengikuti KTT LB G20 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (26/3/2020). (BPMI Setpres/Muchlis Jr)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung kembali ke Jakarta untuk melakukan pertemuan secara virtual KTT Luar Biasa G20 (KTT LB 20). Padahal, Jokowi baru saja berduka cita.

Ibu Jokowi, Sujiatmi Notomihardjo (Sudjiatmi), meninggal dunia di usia 77 tahun. Jokowi mengantarkan ke peristirahatan terakhir di Mundu Selokaton, Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Setelah selesai, Jokowi langsung kembali bertugas. Dia mengikuti KTT Luar Biasa G20 di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Jokowi didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

"Selamat malam. Saya telah kembali ke ibu kota, dan langsung mengikuti KTT Luar Biasa G20 yang membahas upaya penanganan Covid-19. KTT ini digelar secara virtual dari pukul tujuh malam, dan saya mengikutinya dari Istana Kepresidenan Bogor.

"KTT Luar Biasa G20 digagas oleh Arab Saudi selaku ketua G20 tahun ini yang diikuti 20 negara anggota G20, tujuh negara undangan, sembilan organisasi internasional, dan dua organisasi regional."

"Dalam KTT ini, saya mengajak para pemimpin negara G20 untuk bersama-sama memenangkan dua “peperangan” yaitu melawan Covid-19 dan melawan pelemahan ekonomi dunia."

"G20 harus memotori gerakan solidaritas dunia dalam penanganan Covid-19 dan mendorong agar pandemi ini jangan sampai menganggu kemitraan dan kerja sama yang sudah dibangun bertahun-tahun. Untuk itu, G20 harus aktif memimpin upaya menemukan anti-virus dan obat Covid-19, tentunya bersama WHO."

"Saya juga mendorong negara anggota G20 untuk bekerja sama dan mensinkronkan kebijakan dan instrumen ekonomi untuk melawan keterpurukan ekonomi sebagai dampak dari Covid-19. Kita harus mencegah resesi ekonomi global, melalui kebijakan fiskal dan moneter yang terkoordinasi, serta memperluas dan memperkuat jaring pengaman sosial terutama bagi UMKM," sebut Jokowi di akun Instagram @jokowi miliknya."

-
Presiden RI Joko Widodo mengikuti KTT LB G20 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (26/3/2020). (BPMI Setpres/Muchlis Jr)

Netizen Kagum

Melihat usaha Jokowi, netizen kagum melihatnya sebagai sosok yang kuat. Beberapa dari mereka juga memberikan pujian.

"Lihat pak presiden update ini, bilang sudah ada di ibu kota, aku gak bisa bayangin, kuat terus pak Jokowi, presiden ku, semoga bapak senantiasa dalam lindunganNya, tulis akun @ratihbudiutari di Instagram

Public figure di Tanah Air juga mengagumi sosok Jokowi yang tegar. Padahal, baru saja ditinggal sang ibu. Mereka pun ikut mendoakan Jokowi untuk selalu diberikan kesehatan.

Akun Instagram milik artis Chica Jessica, @chikajessica88, menuliskan, "Bapak, Semoga selalu sehat ya Pak."

Akun milik Diera Bachir dalam @dierabachir, berkomentar, "Masha Allah Pak.. Sehat2 Bapak Presiden kami.. doa kami bersamamu"

Tak ketinggalan aktor tampan Samuel Zylgwyn. Di akun Instagram miliknya, samuel_zylgwyn menuliskan, "Jaga kesehatan selalu pak."

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X