The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

WHO Ingatkan Bahayanya Covid-19, Bisa Melayang di Udara
Ilustrasi virus corona atau Covid-19 (freepik)
News

WHO Ingatkan Bahayanya Covid-19, Bisa Melayang di Udara

Tetap waspada.

Minggu, 22 Maret 2020 17:32 WIB 22 Maret 2020, 17:32 WIB

INDOZONE.ID - Penyebaran virus corona atau Covid-19 tidak hanya melalui droplet saja. Namun, ternyata virus ini dapat bertahan juga di udara. 

Dikutip dari CNBC, Minggu (22/3/2020), WHO menyatakan virus corona bisa melayang di udara. Oleh karena itu, WHO sedang mempertimbangkan tindakan pencegahan melalui udara.

Penyakit pernapasan memang menyebar melalui kontak manusia ke manusia, droplet yang dibawa ketika bersin dan batuk serta kuman akan tertinggal pada benda mati. Virus corona dapat melayang di udara, tetap menggantung di udara tergantung pada faktor-faktor seperti panas dan kelembapannya.

Para ilmuwan secara khusus melihat bagaimana kelembaban, suhu dan pencahayaan ultraviolet mempengaruhi penyakit serta berapa lama ia hidup di permukaan yang berbeda.

Otoritas kesehatan memastikan pedoman WHO telah sesuai, dan sejauh ini mereka yakin bahwa pedoman yang diikuti sudah sesuai.

"Sejauh ini, kami yakin bahwa pedoman yang kami miliki sesuai," kata Kerkhove, seperti yang dikutip Indozone dari CNBC.

masker n95
Ilustrasi masker N95. (INDOZONE/Sigit Nugroho)

WHO merekomendasikan staf medis memakai masker N95 karena masker tersebut menyaring sekitar 95% dari semua partikel cair atau udara.

"Di fasilitas-fasilitas layanan kesehatan, kami memastikan para petugas menggunakan tindakan pencegahan standar tanpa pengecualian," pungkas Kerkhove.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US