Jokowi Ingatkan Pejabat Daerah Satu Garis

- Rabu, 13 November 2019 | 10:13 WIB
Presiden Jokowi (Setkab).
Presiden Jokowi (Setkab).

Presiden Joko Widodo (Jokowi), melakukan pertemuan atau rapat koordinasi dengan seluruh kepala daerah, Kepala Kepolisian Daerah, Kepala Kejaksaan Tinggi dan Kejaksaan Negeri, serta para Panglima Daerah Militer sampai Dandim, atau para pimpinan yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Bogor, Jawa Barat (13/11).  

Dalam pembukaannya, Jokowi mengingatkan para pimpinan di daerah, untuk satu garis dari pusat sampai ke daerah. Selain itu, antar pimpinan daerah harus harmonis. 

"Hati hati menangani hal yang kecil. Yang kalau kita sensitif bisa melebar kemana-mana. Penting sekali, hubungan harmonis Forkopimda di daerah penting," ujarnya.

Ia mengatakan, komunikasi antar pimpinan daerah sangat penting karena akan mempengaruhi tensi di daerah.

"Satu saja, akan menjadi masalah besar dalam menangani problem yang ada di daerah," katanya. 

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian menyebutkan bahwa Rapat Koordinasi (Rakornas) antara Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Indonesia di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor Jawa Barat, Rabu (13/11) dihadiri sekitar 3.000-an pejabat.

Tito mengatakan, Rakornas Forkopimda yang digelar perdana ini memiliki tema 'Sinergi untuk Indonesia maju'. Tujuannya  menyinergikan dan menyelaraskan visi misi dan rencana pembangunan lima tahun ke depan Presiden dengan Pemerintah Daerah se-Indonesia. Sehingga, ada kesesuaian program sebelum Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) ketuk palu.

Pasalnya, tegas Tito, ada lima program prioritas yang digaungkan oleh Presiden dan Wakil Presiden, Joko Widodo - Ma'ruf Amin, yaitu pertama mengenai pembangunan sumber daya manusia (SDM), kesehatan dan pendidikan, kedua mengenai pembangunan infrastruktur, ketiga penyegaran regulasi, keempat reformasi birokrasi, kelima yaitu transformasi ekonomi.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X