5 Ilusi Optik Ini Membuat Banyak Orang Kebingungan dan Tertipu

- Senin, 19 Agustus 2019 | 15:59 WIB
photo/Øyvind Kolås/Patreon/Youtube/Chris Fay
photo/Øyvind Kolås/Patreon/Youtube/Chris Fay

Di dunia ini ada begitu banyak ilusi optik dari hal-hal sekitar. Seringkali, ilusi optik ini bisa membuat seseorang bingung. Ternyata, ilusi optik ini tergantung dari bagaimana otak seseorang mencerna dan menafsirkan makna gambar yang dia lihat.

Berkaitan dengan ilusi optik, dirangkum Indozone dari laman Brightside, Senin (19/8), berikut ini 5 ilusi optik yang pernah terjadi, mulai dari yang membingungkan hingga membuat banyak orang seolah tertipu:

1. Foto ini terlihat seperti foto berwarna

-
photo/Øyvind Kolås/Patreon

Foto ini sempat viral dan membuat banyak orang kebingungan. Jika diperhatikan sekilas, foto ini terlihat seperti foto berwarna. Tapi pada kenyataannya, ini adalah foto hitam putih. Efek 'berwarna' yang terlihat dalam foto ini dikarenakan adanya garis warna-warni di wajah orang-orang yang menjadi objek foto.

2. Mata kucing di poster ini bergerak ke samping kanan dan kiri

Dalam video ini, terlihat ada sebuah poster pengumuman kucing hilang yang tertempel di sebuah dinding seng. Seseorang yang merekam video ini kemudian berjalan mendekati poster tersebut. Ketika kamera berhenti tepat di kedua mata kucing itu, dia kemudian menggerakan titik kamera ke kiri dan kanan. Maka bisa dilihat, mata kucing di poster ini seperti hidup dan bergerak-gerak.

3. Helikopter yang lepas landas tanpa mesin penggerak

Sebuah video menunjukkan penampakan sebuah helikopter yang terlihat sedang lepas landas dengan sendirinya. Namun pada kenyataannya, ini hanyalah ilusi optik semata yang dikenal dengan efek strobo. Baling-baling heli seolah tidak bergerak karena putaran baling-baling lebih cepat daripada frame rate kamera.

4. Salah satu wanita dalam foto ini kehilangan kakinya

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by instylemagazine (@instylemagazine) on

Foto Hailey Baldwin, Kylie dan Kendall Jenner ini diunggah oleh akun Instagram @instylemagazine dan langsung menarik perhatian banyak orang. Hal itu bukan tanpa alasan, pasalnya dalam foto ini, kaki Kendall Jenner tidak terlihat sama sekali. Orang-orang pun bingung sampai akhirnya mereka tau bahwa kedua kaki Kendall Jenner tertutupi oleh gaun panjangnya berwarna cokelat itu.

5. Coba perhatikan, foto ini lebih mirip lubang pasir atau bukit pasir?

-
photo/Twitter/Astro Luca

Foto ini diunggah oleh Luca Parmitano di akun Instagram-nya. Dalam unggahannya itu, dia menuliskan bahwa ia melihat bukit pasir dari atas. Namun, para netizen di Twitter menjadi bingung karena foto itu tidak terlihat seperti bukit pasir, melainkan lubang pasir. Salah satu netizen kemudian mencoba membalikkan gambar itu dan terungkaplah bahwa itu hanyalah ilusi optik.

-
photo/Twitter/Astro Luca

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X