Bentrokan Terjadi di Bandara Hong Kong

- Rabu, 14 Agustus 2019 | 08:49 WIB
REUTERS/Thomas Peter
REUTERS/Thomas Peter

Polisi dan pengunjuk rasa pro demokrasi terlibat bentrok di Bandara Internasional Hong Kong pada Selasa (13/8/2019) malam.

Dilansir dari Reuters, bentrok ini imbas dari kembali tertundanya jadwal penerbangan di Bandara dan krisis politik yang semakin parah.

Ribuan pengunjuk rasa berpakaian hitam mendatangi Bandara sambil meneriakkan dan menyanyikan yel-yel serta membentangkan spanduk.

Bentrokan pun pecah setelah satu orang yang mengalami luka dievakuasi dari terminal utama oleh petugas medis setelah sempat ditahan oleh sekelompok pengunjuk rasa.

-
REUTERS/Tyrone Siu

 

Beberapa aktivis demo yang menjadi korban adalah aparat kepolisian China daratan yang melakukan penyamaran.

Sejumlah kendaraan polisi dihadang oleh pengunjuk rasa dan polisi anti huru-hara bergerak, memukul mundur massa dan menggunakan semprotan merica.

Pengunjuk rasa juga memblokade beberapa lorong di bandara dengan troli bagasi, palang logam dan sejumlah benda lainnya. Sedikitnya dua pengunjuk rasa diamankan oleh aparat.

Situasi akhirnya mereda setelah beberapa jam kemudian.

Aksi di bandara tersebut terjadi menyusul penutupan bandara yang belum pernah terjadi sebelumnya pada Senin (12/8/2019).

Otoritas Bandara Hong Kong mengatakan operasi penerbangan mengalami "gangguan parah" sehingga penumpang yang akan melakukan penerbangan tak dapat mendatangi ruang imigrasi.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X