Gambar Satelit: 120 Truk Militer China Bergerak Dekati Hong Kong

- Kamis, 15 Agustus 2019 | 16:09 WIB
REUTERS/Handout
REUTERS/Handout

Dari hasil gambar Citra Satelit belum lama ini, menunjukkan ada sekitar 120 truk tentara atau polisi milik China di stadion kota Shenzhen Bay, di tengah gejolak yang melanda Hong Kong.

Stadion itu berlokasi di jalan utama yang menjadi akses China ke Hong Kong. Gambar tersebut diambil pada 12 Agustus oleh perusahaan teknologi luar angkasa yang bermarkas di Amerika Serikat (AS), Maxar.

-
REUTERS/ Handout

Pada Selasa (13/8) malam, sejumlah massa terlibat bentrok dengan polisi setempat di bandara. Hal ini membuat ratusan penerbangan terpaksa dibatalkan.

-
REUTERS/ Handout

"Disturbing video taken in #Shenzhen just across the boarder with #HongKong. Something extraordinarily bad is about happen," tulis Alexandre Krausz dari lembaga European Union di akun Twitter-nya, Senin (12/8).

Dari rumor yang beredar beberapa hari terakhir, China sepertinya tengah mempersiapkan serangan. Namun, kabar terakhir tidak diketahui apakah truk-truk tersebut masih berada di stadion karena awan tebal membuat satelit kesulit untuk mendapatkan perkembangan di sana.

-
REUTERS/Thomas Peter

Sementara itu, situs Weibo melaporkan adanya aktivitas militer di sana. Namun, kabar itu tidak bisa dibuktikan kebenarannya.

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump melalui akun Twitter-nya menyebutkan bahwa intelijen AS meyakini China mengerahkan pasukannya ke perbatasan Hong Kong. "Semuanya harus tenang dan selamat!," tulis Trump.

-
REUTERS/Thomas Peter

Pemerintah China sendiri mengaku sudah mengeraskan kecaman mereka dalam beberapa hari terakhir dengan mengatakan bahwa para pendemo di Hong Kong telah berperilaku seperti teroris.

-
REUTERS/CHINA STRINGER NETWORK

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X