Terjebak Lockdown di India, Ribuan WNI Minta Dievakuasi Jokowi

- Minggu, 19 April 2020 | 09:07 WIB
Ilustrasi petugas kepolisian di India. (REUTERS/Amit Dave)
Ilustrasi petugas kepolisian di India. (REUTERS/Amit Dave)

Wabah virus corona atau Covid-19 menyebar hampir di seluruh negara, termasuk India. Pemerintah India kemudian menerapkan kebijakan lockdown guna mencegah penyebaran virus corona.

Ribuan Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di India tak bisa pulang ke Tanah Air karena kebijakan tersebut. Di antara dari mereka merupakan jemaah yang mengikuti tabligh akbar di Nizamuddin, Delhi.

Melalui video, perwakilan jemaah tabligh akbar, Khairil Marzuq asal Medan, meminta kepada Pemerintah Indonesia untuk segera mengevakuasi mereka dari India.

"Kami minta agar dapat melakukan evakuasi secepat mungkin kepada warga negara Indonesia khususnya jemaah tabligh yang ada di negara India," ujar Khairil.

Lebih lanjut ia menjelaskan banyak WNI yang diintimidasi oleh petugas pengelola isolasi India.

"Petugas melihat kami seperti tahanan penjara. Bahkan ada yang dinyatakan positif setelah pemeriksaan, dibawa tengah malam," katanya dalam video.

"Kami memohon kepada pemerintah pusat untuk dapat secepatnya melakukan evakuasi kepada warga negara Indonesia khususnya jemaah tabligh yang ada di India sekarang ini. Evakuasi hari ini harga mati." ucap para jemaah.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X