Jumlah Sampah di Jakarta Terus Menurun Selama PSBB

- Rabu, 13 Mei 2020 | 15:00 WIB
Pekerja menggunakan alat berat meratakan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). (Foto ANTARAOky Lukmansyah)
Pekerja menggunakan alat berat meratakan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). (Foto ANTARAOky Lukmansyah)

Ternyata banyak hal positif yang bisa didapatkan walaupun saat ini sebagian besar warga Jakarta menghabiskan waktu di rumah saja karena Pembatasan sosial berskala Besar (PSBB).

Pembatasan aktivitas ternyata juga berdampak pada penurunan jumlah sampah di lingkungan masyarakat khususnya DKI Jakarta. Berdasarkan data dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta, terjadi penurunan timbulan yang cukup signifikan.

Pada periode sebelum kebijakan work from home (WFH) tepatnya 1-15 Maret, rata-rata timbulan sampah 9.346 ton per harinya. Kemudian pada periode WFH 16 Maret-9 April, rata-rata timbulan sampah menjadi 8.485 ton per hari.

Jumlahnya semakin menurun pada periode PSBB. Tercatat sejak 10 April-10 Mei rata-rata timbulan sampah 6.646 ton per hari.

"Penurunan aktivitas masyarakat berdampak terhadap berkurangnya timbulan sampah. Kebijakan PSBB membuat sampah berkurang, terutama dari sumber komersial seperti dari hotel, mall, restoran, perkantoran dan tempat wisata," kata Kepala DLH DKI Jakarta Andono Warih saat dikonfirmasi Indozone, Rabu (13/5/2020).

-
Iustrasi petugas sedang membersihkan sampah. (Foto: ANTARA/Dhemas Reviyanto)

Menurutnya, selama di rumah saja masyarakat bisa lebih giat lagi untuk mengurangi sampah. Contoh sederhana yang bisa dilakukan adalah menggunakan kantung belanja ramah lingkungan saat membeli kebutuhan sehari-hari di supermarket. Selain itu, gunakan pula masker kain yang bisa dipakai berulang setelah dicuci.

“Sebelum berbelanja wajib merencanakan dan mengetahui apa yang mau dibeli sesuai kebutuhan,” kata Andono.

Sementara itu, dengan adanya penurunan timbulan sampah juga bisa berpengaruh terhadap jumlah sampah plastik. Berdasarkan riset karakteristik yang pernah dilakukan, jumlah sampah plastik di Jakarta mencapai 14,02 persen dari total sampah.

Apabila jumlah timbulan sampah menurun, maka ada kemungkinan jumlah sampah plastik juga menurun.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X