The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jokowi: Jangan Sampai Ibu Kota Baru Sepi
Presiden Joko Widodo atau Jokowi berbicara soal ibu kota baru (Antara/Akbar Nugroho Gumay).
News

Jokowi: Jangan Sampai Ibu Kota Baru Sepi

Senin, 16 Desember 2019 16:20 WIB 16 Desember 2019, 16:20 WIB

INDOZONE.ID - Presiden Joko Widodo mengingatkan jajarannya belajar dari negara lain yang telah memindahkan ibu kota negara. Jokowi tidak ingin ibu kota baru di Penajem Paser Utara-Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, sepi setelah selesai dibangun. 

“Kemudian sepi ini juga enggak, jangan. Kemudian yang menghuni hanya pegawai pemerintah, ini juga tidak, atau plus diplomat, juga tidak,” kata Jokowi dalam rapat terbatas di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (16/11). 

Jokowi menganggap perpindahan ibu kota adalah percepatan transformasi ekonomi. Presiden ingin sistem terinstal dengan baik sebelum pemerintahan pindah ke ibu kota baru, agar daerah itu tidak menjadi kota yang mahal.

"Pengalaman-pengalaman beberapa negara yang pindah ibu kotanya, tetapi jadi mahal. Ini jangan," tutur Jokowi. 

Jokowi pun membayangkan ada lembaga pendidikan tinggi kelas dunia di ibu kota baru. Dia ingin lembaga itu menciptakan talenta-talenta top global secara tepat. 

Di ibu kota baru juga bakal dibangun pusat riset dan inovasi kelas dunia. Jokowi berharap hal ini menjadikan daerah itu titik temu inovasi global.

"Sudah saatnya talenta Indonesia, talenta global, berkolaborasi menciptakan smart energy, smart health, smart food production yang akan cipatakan lapangan kerja baru bagi anak-anak muda kita," ujar Jokowi. 

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Ivanrida
Ivanrida

Ivanrida

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US