BNPB Ingatkan DKI Jakarta Agar Istana Tidak Kebanjiran

- Sabtu, 28 Desember 2019 | 16:50 WIB
Petugas Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Selatan mengecek saluran air saat banjir di kawasan Kalibata, Jakarta, Jum'at (27/12/2019). (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww).
Petugas Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Selatan mengecek saluran air saat banjir di kawasan Kalibata, Jakarta, Jum'at (27/12/2019). (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww).

Badan Penganggulangan Bencana Nasional (BNPB) meminta Pemerintah DKI Jakarta yang dipimpin Anies Baswedan, serius dalam menekan potensi bencana yang bahkan sudah kerap sekali terjadi di Ibu Kota, terutama banjir.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengingatkan, Jakarta sebagai Ibu Kota Negara harus dijaga karena terdapat Istana sebagai simbol negara yang harus dilindungi.

"Jangan sampai air (banjir) masuk ke Istana. Karena Istana merupakan simbol negara kita," ujarnya dalam keterangnya, Sabtu (28/12).

Ia meminta BPBD Jakarta, mengambil langkah strategis lain selain koordinasi dan turun ke lapangan untuk pencegahan maupun penanggulangan dengan mengoptimalkan metode pentahelix. 

"Sebagai pemangku kewenangan daerah, BPBD dapat menggandeng peran media sebagai pengganda informasi mitigasi dan mengupayakan fungsi komunitas serta pemangku tokoh religi dalam setiap kegiatan keagamaan. Sehingga ke depan, Jakarta lebih tangguh dalam menghadapi sejumlah potensi ancaman bencana," katanya. 

Sebelumya BMKG memerkirakan terjadinya distribusi curah hujan cukup signifikan terjadi di sebagian besar wilayah Sumatera, Kalimantan, Jabodetabek, Jawa Barat, Tengah, dan Timur, Sulawesi Selatan, dan Utara, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua. 

Kondisi ini diakibatkan adanya faktor Dinamika atmosfer skala regional dan lokal terkini yaitu adanya Monsun Asia yang mulai menunjukkan aktifitas signifikan sehingga dapat menyebabkan peningkatan massa udara basah, terbentuknya pola konvergensi, perlambatan, dan belokan angin di beberapa wilayah.

Selain itu, suhu muka laut di wilayah perairan Indonesia yang masih hangat dan mendukung pertumbuhan awan-awan hujan di sebagian besar wilayah Indonesia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X