Berteman Selama 20 Tahun, Jonan Optimis Pada Arifin Tasrif

- Rabu, 23 Oktober 2019 | 16:59 WIB
Arifin Tasrif diperkenalkan Presiden Joko Widodo sebagai Menteri ESDM saat pengumuman jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju di tangga beranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019). (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/foc)
Arifin Tasrif diperkenalkan Presiden Joko Widodo sebagai Menteri ESDM saat pengumuman jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju di tangga beranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019). (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/foc)

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral telah beralih komando dari Menteri ESDM Ignasius Jonan kepada Arifin Tasrif, yang sebelumnya, menjadi Direktur Utama PT Pupuk Indonesia.

Jonan dan Tasrif sama-sama pernah memegang jabatan direksi BUMN. Kala itu, Jonan menjadi Direktur Utama PT KAI dan mengubah wajah kereta api Indonesia, menjadi lebih baik.

Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jonan, optimis suksesornya meraih sukses di ESDM, karena sosok yang mengerti sektor energi.

"Saya sudah mengenal Pak Arifin sangat lama, lebih dari 20 tahun. Karena beliau lama bertugas di Pupuk Indonesia, jadi sangat paham persoalan energi terutama gas. Saya pikir ini pasti akan berjalan baik," ujar Jonan, Rabu (23/10).

ESDM, lanjut Jonan, adalah kementerian yang memiliki berbagai isu kompleks, seperti bahan bakar minyak dan kelistrikan. Sehingga, perlu penanganan yang cermat agar masyarakat bisa mendapat manfaat yang besar.

"Akan ada banyak keputusan di tangan Pak Arifin, mulai dari harga gas, tarif listrik sampai alokasi B30," katanya.

Menteri ESDM Arifin Tasrif berjanji, segera mempelajari semua hal terkai Kementerian ESDM. Dirinya, menegaskan, sangat terbuka akan semua masukan dari pegawai dan para pendahulunya, seperti Ignasius Jonan dan Arcandra Tahar.

"Saya menerima penunjukan ini baru seminggu lalu. Diberikan kabar diminta untuk ke Jakarta," ujar Arifin

Ia menegaskan, akan semaksimal mungkin untuk meningkatkan kesejahteraan negara. 

"Saya akan baca satu per satu, bahas dengan semua pihak. Saya akan sangat terbuka demi kebaikan. Kita perlu kerja sama," katanya.

Arifin Tasrif ditunjuk sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di Kabinet Indonesia Maju. Arifin sebelumnya, menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Jepang sejak dua tahun lalu.  

Arifin menerima Honorary Fellowship Award dari AFEO (ASEAN Federation of Engineering Organization) pada 2011, atas kontribusinya dalam dunia keprofesian sebagai insinyur di Indonesia dan regional ASEAN. 

Lahir di Jakarta, 19 Juni 1953, Arifin Tasrif mengenyam pendidikan di SD St. Fransiskus Jakarta, SMP Kanisius Jakarta, SMA Yayasan Pendidikan Harapan, dan jurusan Teknik Kimia ITB, Bandung.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X