Anaknya Bisa Cacat Permanen karena Diffuse Axonal Injury, Ayah David Ogah Beri 'Ampun'

- Kamis, 30 Maret 2023 | 15:10 WIB
Kondisi David terkini. (Twitter/@seeksixsuck)
Kondisi David terkini. (Twitter/@seeksixsuck)

Kondisi David Ozora (17) korban penganiayaan oleh anak eks pegawai Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kemenkeu telah menunjukkan perkembangan.

Namun, sampai saat ini David masih memerlukan perawatan serius karena diffuse axonal injury yang dialaminya.

Ayah David, Jonathan Latumahina mengungkapkan efek diffuse axonal injury yang dialami oleh anaknya tersebut. Selain menyebabkan penurunan kualitas hidup, David juga berisiko cacat permanen.

Baca juga: Tak Ada Maaf untuk Mario Dandy Cs! Ayah David: Mintalah pada Tuhan Kalian Pengampunan

"Dalam kepala ini ada otak yang penuh dengan akson (serabut syaraf) yang jumlahnya jutaan seperti kabel. Tugas akson adalah untuk komunikasi antar syaraf.  Ketika otak mengalami trauma berat, maka otak terjadi pergeseran ekstrim yang menyebabkan serabut2 syaraf ini pecah. David alami ini dan koma Efek dari DAI adalah penurunan kualitas hidup dan cacat permanen," ungkap Jonathan, dikutip pada Kamis (30/3/2023).

Kondisi yang didapat sang anak tidak sebanding dengan pelaku yang mengharapkan keringanan hukuman.

Jonathan mengatakan, dia akan tetap mengawal pelaku mendapatkan hukuman setimpal atas kejahatan yang membuat anaknya sempat koma.

"Dan pada saat yang sama para pelaku ngemis-ngemis caper di media2 jualan kemiskinan, jualan salah didik, jualan trauma masa kecil dan semua hal lain. YANG KALIAN OBRAL DI MEDIA ITU GAK SEUJUNG KUKUNYA DAVID YANG DAMPAKNYA PERMANEN! I will hunt you down," tambahnya.

Apa Itu Diffuse Axonal Injury?

Spesialis neurologi dr Ramdinal Aviesena Zairinal menjelaskan, diffuse axonal injury (DAI) merupakan salah satu kerusakan atau masalah di otak akibat proses trauma. Diffuse axonal injury diklasifikasikan sebagai ringan, sedang, dan berat.

Setelah terjadi pukulan, otak bisa bertabrakan dengan bagian dalam tengkorak yang mengakibatkan robeknya serabut saraf.

Hal ini dapat mempengaruhi kemampuan berbagai bagian otak seperti menyebabkan masalah neurologi, koma, gangguan jangka panjang, atau kondisi parah bisa menyebabkan kematian.

Gejala Diffuse Axonal Injury

Menurut penjelasan dr Ramdinal, gejala umum diffuse axonal injury adalah kehilangan kesadaran.

Jika diffuse axonal injury ringan, orang mungkin tetap sadar tetapi menunjukkan tanda-tanda kerusakan otak lain seperti perubahan perilaku, kejang, ataupun kondisi lain.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X