Mumpuni Tangani Ekonomi, Sosok Ini Berpeluang Direkomendasikan Jokowi pada Pilpres 2024

- Kamis, 8 September 2022 | 20:17 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (ANTARA/Dhemas Reviyanto)
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (ANTARA/Dhemas Reviyanto)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga kini  belum mau berbicara mengenai siapa sosok calon presiden (Capres) yang akan didukungnya dalam Pilpres 2024

Peneliti Senior Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Firman Noor mengatakan, Presiden Jokowi belum secara terang benderang menunjuk satu sosok yang dia dukung sebagai Calon Presiden. 

“Dalam konteks perorangan, saya belum melihat bahwa Presiden clear mengarahkan pada satu orang. Saya kini ini wacana yang ada di tengah mengarah, mengharapkan ada hal-hal baik yang bisa dilanjutkan para pemerintahan berikutnya,” kata Firman kepada wartawan, Kamis (8/9/2022).

Namun disebut-sebut ada tiga nama yang disenangi kepala yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto. Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Ketua DPD Golkar Emanuel Melkiades Laka Lena.

Menurut Direktur Eksekutif Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) Herry Mendrofa mengungkapkan alasan Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menjadi salah satu dari tiga nama bakal capres yang disenangi Presiden Jokowi.

"Jelas karena Airlangga adalah menteri dari kabinet Jokowi. Kedua adalah faktor ketua umum partai Golkar yang hingga hari ini solid mendukung Jokowi," bebernya.

Baca Juga: Heboh Anggaran Rp300 Triliun untuk Capres, Dirut Taspen Polisikan Kamaruddin Simanjuntak

Ia menambahkan faktor berikutnya yakni isu ekonomi yang menjadi fokus pemerintahan Jokowi. Sedangkan, saat ini Airlangga menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

"Ketiga, adalah isu-isu ekonomi yang menjadi isu sentral dan menjadi fokus dari pemerintahan Jokowi. Kebetulan juga menterinya atau pimpinannya adalah Airlangga," ujarnya.

Menurut Herry, persoalan ekonomi menjadi salah satu alasan kecenderungan Jokowi pada Airlangga yang diprediksi maju sebagai capres di Pemilu 2024. Di sisi lain, isu ekonomi juga tengah menjadi sorotan saat pandemi hingga sekarang kenaikan bahan bakar minyak (BBM).

"Ketiga ini menjadi faktor kesukaan Jokowi sekaligus juga menjadi faktor yang, menurut saya, menjadi evaluasi tersendiri bagi Airlangga. Karena isu ekonomi per hari ini adalah isu yang nyentrik, populis di kalangan masyarakat, karena bersinggungan dengan realita yang terjadi di masyarakat terutama konteksnya adalah kenaikan harga BBM," ungkapnya.

Meski dinilai berkinerja bagus sebagai Menko Perekonomian dengan kemampuan dalam pengendalian inflasi dan menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia di kala pandemi, Airlangga juga mendapati sejumlah persoalan utamanya terkait kenaikan harga BBM.

"Kalau klaim jelas bahwa pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi covid-19 agak naik dan bertahan di angka yang cukup baik di antara negara-negara lain, tapi di kondisi internal, gejolak di dalam masyarakat," tambahnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X