Presiden Jokowi Sebut ASEAN Masih Relevan di Tengah Krisis Global, Kenapa Ya?

- Minggu, 29 Januari 2023 | 09:11 WIB
Presiden Jokowi. (YouTube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi. (YouTube Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka acara Kick Off keketuaan ASEAN Indonesia 2023 di Bundaran Hotel Indonesia (HI),Jakarta, Minggu (29/1/2023) pagi.

Presiden Jokowi meyakini peran Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) masih penting dan relevan bagi dunia di tengah situasi global yang sulit akibat berbagai krisis yang sedang terjadi.

“Kita telah menjalankan Presidensi G20 dengan baik, dan tahun ini Indonesia menjadi Ketua ASEAN di tengah-tengah situasi global yang sangat tidak mudah. Krisis ekonomi, krisis energi, krisis pangan, semuanya, perang, semuanya sedang terjadi,” kata Presiden Jokowi.

“Tetapi, saya meyakini bahwa ASEAN masih penting dan relevan bagi rakyat, bagi kawasan dan bagi dunia,” imbuhnya. 

Baca Juga: Demi Atasi Banjir, Presiden Jokowi Minta Pemprov DKI Jakarta Konsisten Normalisasi Sungai

Lebih lanjut Presiden Jokowi mengatakan,  ASEAN akan terus berkontribusi bagi perdamaian dan stabilitas di Indo-Pasifik. Kepala Negara optimistis, ASEAN akan dapat berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi. 

“Bahwa ASEAN akan terus dapat menjaga pertumbuhan ekonomi dan ASEAN mates epicentrum of growth,” ujarnya. 

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim. Pada pagi hari ini secara resmi saya nyatakan kick off keketuaan ASEAN Indonesia 2023 dimulai,” ucap Presiden Jokowi. 

Baca Juga: Ekonomi Indonesia Tetap Tangguh meski Sedikit Tergerus Dampak Resesi Global

Sebagai informasi, Indonesia menerima estafet keketuaan ASEAN dari Kamboja dan akan menjadi Ketua ASEAN pada tahun 2023. Penyerahan keketuaan tersebut berlangsung pada Upacara Penutupan KTT Ke-40 dan Ke-41 serta KTT Terkait lainnya di Hotel Sokha Phnom Penh, Minggu, 13 November 2022.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X