Riza Patria Bela Anies Usai Gagal Lantik Pj Sekda DKI: Ada Miskom, Sudah Diluruskan

- Selasa, 19 Juli 2022 | 11:23 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Beredar surat undangan acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta. Di dalamnya tertera, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan melantik Sigit Wijatmoko yang kini menjabat Asisten Pemerintahan Setda DKI Jakarta.

Kendati demikian, pelantikan yang rencananya akan digelar pada Senin (18/7/2022) pukul 13.00 WIB kemarin itu pun dibatalkan. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut ada kesalahpahaman yang terjadi.

"Itu ada miskomunikasi, tapi sudah diluruskan ya," ucap Riza kepada awak media di Balai Kota DKI, Selasa (19/7/2022). 

Riza menjelaskan, acara pelantikan tersebut memang awalnya dilakukan guna mengantisipasi absennya Sekda DKI Marullah Matali karena tengah menjalani ibadah haji ke Tanah Suci.

Baca juga: Paula Verhoeven Turun di Citayam Fashion Week, Astagfirullah Kelakuan Bonge Bikin Ngakak

Dikarenakan sedang naik haji, Marullah pun tak bisa menjalankan tugasnya sebagai Sekda DKI. Oleh sebab itu, dibutuhkan Pj Sekda yang akan menggantikan tugas Marullah selama beribadah. 

"Memang ada aturannya, setelah 15 hari (tidak aktif maka dilantik Pj Sekda). Namun demikian, ternyata pak Sekda sudah pulang, sudah kembali ke Jakarta," terangnya. 

Namun, menurut Riza, informasi kepulangan Sekda Marullah ke Jakarta itu terlambat diketahui Pemprov DKI Jakarta. Sehingga undangan acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Pj Sekda sudah tersebar. 

"Sebelumnya pak sekda itu tugas haji, tapi ternyata pak sekda mempercepat kepulangannya. Jadi tidak ada pelantikan Pj (Sekda DKI) hari ini, karena yang bersangkutan sudah pulang rupanya, sudah aktif lagi hari ini," tandas Riza.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X