Kapolri Bicara Cara Mempertahankan Kedaulatan NKRI di Situasi Terkini

- Kamis, 1 Juni 2023 | 21:05 WIB
Jajaran Polda Metro Jaya saat melauncing buku Karo SDM Polda Metro Jaya, Kombes Langgeng Purnomo (Dok. Istimewa)
Jajaran Polda Metro Jaya saat melauncing buku Karo SDM Polda Metro Jaya, Kombes Langgeng Purnomo (Dok. Istimewa)

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo berbicara terkait cara mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), di tengah tantangan atau perubahan lingkungan yang terjadi saat ini.

Kapolri mengungkap ada konsensus dasar bangsa yang harus benar-benar diresapi untuk mempertahankan NKRI.

Baca Juga: Menpora Dito Dinilai Gerak Cepat Libatkan Pemuda dalam Pembangunan NKRI

"Situasi saat ini di mana perubahan lingkungan strategis yang cepat dan dinamis, mengingatkan kita untuk senantiasa menjiwai empat konsensus dasar bangsa yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika," kata kata Kapolri Jenderal Sigit, Kamis, (1/6/2023).

Hal tersebut disampaikan Kapolri secara daring dalam peluncuran buku karya Karo SDM Polda Metro Jaya, Kombes Langgeng Purnomo, di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta Pusat. Buku itu berjudul Rekonstruksi Nasionalisme, Jati Diri Bangsa Merajut Nusantara Untuk Mewujudkan Perdamaian Dunia.

Lebih dalam, Kapolri meminta empat konsesus tersebut untuk dipahami hingga diimplementasikan.

"Hal ini tidak hanya dipahami secara tekstual namun, juga harus diimplementasikan secara seimbang melalui cipta, rasa dan karsa. Oleh karena itu, kita harus senantiasa membangun semangat kebangsaan sebagai perekat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," beber Kapolri.

Terkait buku yang dibuat oleh Karo SDM Polda Metro, Kapolri berharap buku ini dapat memeperkuat nasionalisme bagi  masyarakat di Indonesia.

"Selamat kepada Kombes Pol Langgeng Purnomo, semoga kehadiran buku ini mampu memberikan kontribusi positif dalam upaya mengembalikan jatidiri bangsa dan memperkuat semangat nasionalisme sebagai kekuatan dalam menghadapi berbagai tantangan ke depan," kata Jenderal Sigit.

Baca Juga: Tobat, Narapidana Terorisme Ikrar Setia kepada NKRI

Dalam kesempatan yang sama, Kombes Langgeng menyebut pembuatan buku ini diawali dari renungan pribadi dirinya. Buku Rekontruksi Nasionalisme bertujuan untuk mengembalikan makna naisonalisme yang sebenarnya.

"Rekonstruksi Nasionalisme yang dimaksud adalah mengembalikan pada makna yang sebenarnya untuk mencintai tanah air Indonesia, khususnya yang gagal paham, gagal fokus, gagal nalar tentang NKRI," pungkas Kombes Langgeng.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X