Jusuf Kalla: Saya Tak Pernah Ikut Campur Urusan Koalisi Parpol

- Selasa, 16 Mei 2023 | 09:32 WIB
Mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla bertemu dengan Ketum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)
Mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla bertemu dengan Ketum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI, Jusuf Kalla, mengatakan dirinya tak pernah ikut campur soal koalisi partai politik jelang Pemilu 2024. Hal itu dikatakannya usai menerima kunjungan Ketum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), di kediamannya, Jalan Brawijaya, Jakarta, Senin (15/5/2023).

"Itu adalah kewenangan dari para koalisi dan juga calon presiden," katanya.

Saat ditanya kemungkinan duet Anies Baswedan dan AHY di Pilpres 2024, Jusuf Kalla mengatakan hal itu ditentukan oleh koalisi.

Baca Juga: Jusuf Kalla Samakan KPK dengan Masjid: Jangan Politik, Baru Efektif dan Independen

"Sebaiknya cawapres dari anggota koalisi," tambahnya.

-
Mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla dan istri menerima kunjungan Ketum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono dan istri. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Jusuf Kalla kembali menegaskan bahwa di masa pemerintahan Megawati Sukarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono, kepala negara tidak pernah campur tangan dalam urusan partai politik dalam menentukan calon presiden selanjutnya.

"Zaman ibu Mega, Pak SBY, sama sekali tidak mempengaruhi partai politik, untuk memilih ini dan itu. Jadi diberikan kepada partai. Kami waktu jadi pemimpin pemerintahan tidak mencampuri itu," jelasnya.

Baca Juga: Jusuf Kalla Minta Pengurus Masjid Hati-hati Buntut Kasus QRIS Palsu

Sebelum AHY, Jusuf Kalla telah mendapat kunjungan dari sejumlah tokoh politik nasional lain, diantaranya Prabowo Subianto, Airlangga Hartarto, dan Muhaimin Iskandar.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X