Kapolda Metro Kumpulkan Seluruh Penyidik Polda hingga Polres Jajaran, Terkait Apa?

- Kamis, 11 Mei 2023 | 14:35 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto di Mapolda Metro Jaya. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah).
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto di Mapolda Metro Jaya. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah).

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Karyoto mengumpulkan seluruh penyidik Polda Metro Jaya hingga seluruh penyidik di Polres jajaran hari ini. Kapolda memberikan sejumlah arahan dan penekanan ke jajaran penyidik tersebut.

"Hari ini saya sengaja mengumpulkan para penyidik yang dari Polda maupun dari kesatuan wilayah Polres," kata Irjen Karyoto kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (11/5/2023).

Karyoto mengungkap, dirinya mengumpulkan jajarannya untuk memberikan penekanan sesuai amanat Presiden Joko Widodo dan Kapolri Jenderal Polisi, Listyo Sigit Prabowo berkaitan penegakan hukum yang berkeadilan.

Baca juga: Kapolda Metro Buat Nomor Hotline Untuk Terima Aduan Kasus Bermasalah

"Artinya setiap kita melakukan penegakan hukum harus profesional pertama, kedua objektif dan yang paling penting adanya kepastian hukum," beber Karyoto.

-
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto di Mapolda Metro Jaya. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah).

Jika nantinya ada kasus yang memang harus dihentikan, Karyoto memerintahkan jajarannya untuk tidak mengulur waktu dan segera menghentikan kasus tersebut.

"Sebuah perkara kalau memang harus berhenti harus kita beranikan berhenti, kalau harus lanjut kita juga harus lanjutkan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku," kata Karyoto.

Lebih jauh Karyoto menyinggung terkait penerapan restorative justice. Restorative justice disebutnya bisa diteraokan dalam kasus tertentu namun tidak dalam kasus korupsi hingga peredaran narkotika.

"Memang disini ada satu peluang yang namanya restorative justice. Ini juga kita menjadikan sebagai peluang kepada masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan yang sudah dilaporkan ke polisi," kata Karyoto.

"Kalau itu masih menyangkut pribadi dan pribadi yang tidak menyangkut tentang korupsi, narkotika dan lain-lain itu bisa semacam musyawarah oleh mereka sendiri dan produknya semacam surat pernyataan bahwa mereka telah menyelesaikan permasalahan seperti bagaimana bahwa upaya penegakan hukum ada upaya terkahir," sambungnya.

Baca juga: Kapolda Metro ke Jajaran soal Viral Koboi Berpelat Polisi di Tol: Cari dan Tangkap!

Minta Penyidik Berperilaku Profesional

Lebih jauh, jenderal polisi bintang dua ini meminta jajaranya untuk berperilaku profesional saat memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Kami juga menginginkan kepada seluruh penyidik saya harus bisa bertindak betul-betul profesional. Artinya dari sikap, perilaku dan dalam melayani masyarakat betul-betul sesuai degan aturan, disesuaikan dengan kode etik Polri maupun dengan hukum acara yang dijadikan pedoman dalam melakukan penyidikan," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X