The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

HUT ke-77 RI, Megawati Ungkit Ucapan Bung Karno soal Kemerdekaan adalah Jembatan Emas
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. (ANTARA /M Risyal Hidayat)
News

HUT ke-77 RI, Megawati Ungkit Ucapan Bung Karno soal Kemerdekaan adalah Jembatan Emas

Rabu, 17 Agustus 2022 22:04 WIB 17 Agustus 2022, 22:04 WIB

INDOZONE.ID - Presiden Kelima RI yang juga Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengajak rakyat Indonesia untuk mengingat kembali pernyataan Proklamator RI di perayaan Kemerdekaan RI ke-77 bahwa kemerdekaan adalah jembatan emas. 

Ia mengatakan, Hari kemerdekaan negara Indonesia yang diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945 merupakan hari yang sangat sakral. Dengan proklamasi, Indonesia benar-benar merdeka secara politik dan berdaulat penuh atas seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

“Kita merdeka bukan hanya untuk merdeka. Kemerdekaan Indonesia dikatakan oleh Bung Karno sebagai sebuah Jembatan Emas, dan di seberang Jembatan Emas itulah seluruh bangsa Indonesia berjuang mewujudkan cita-cita masyarakat adil dan makmur,” kata Megawati dalam keterangannya, Rabu (17/8/2022). 

Ketua Dewan Pengarah BPIP itu melanjutkan, oleh karena itulah kemerdekaan secara politik harus dilanjutkan dengan revolusi mental, melalui yang disebut oleh Soekarno sebagai nation and character building.

Baca Juga: Man City Ikut Rayakan 17 Agustus, Netizen: Foden Makan Kerupuk, Haaland Balap Karung

Dalam upaya ini, Pancasila sebagai dasar dan sekaligus bintang pengarah masa depan, harus dibumikan dalam seluruh aspek kehidupan. Sebab tanpa Pancasila tidak akan pernah ada NKRI. 

Menurut Megawati, Indonesia adalah sebuah negara besar, negara archipelago, tanah air. Maka semangat Proklamasi mengajarkan tentang pentingnya tekad, untuk berani meletakkan nasib bangsa dan Tanah Air di tangan kita sendiri. 

“Hanya bangsa yang berani meletakkan nasib bangsa dan nasib Tanah Air di tangan kita sendiri, akan berdiri dengan kuatnya,” ungkap Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi (BRIN) tersebut. 

“Jalan Indonesia yang berdiri di atas kaki sendiri tersebut, akan dapat diwujudkan, sekiranya seluruh anak bangsa berjuang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mengembangkan riset dan inovasi,” tambahnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US