The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Airlangga-Prabowo Bertemu, Jadi Langkah Awal Penjajakan Koalisi?
Prabowo Subianto bertemu dengan Airlangga Hartarto. (Instagram/airlanggahartarto_official)
News

Airlangga-Prabowo Bertemu, Jadi Langkah Awal Penjajakan Koalisi?

Rabu, 21 September 2022 20:52 WIB 21 September 2022, 20:52 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bertemu Menteri Pertahanan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Pertemuan kedua tokoh itu disebut-sebut tak hanya membahas soal kerjasama saja, tapi juga menyerempet ke ranah politik hingga koalisi.

Direktur Eksekutif PARA Syndicate Ari Nurcahyo mengungkapkan pertemuan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menhan Prabowo Subianto sebaiknya tidak dilihat sebagai pertemuan antar dua menteri saja. Tapi tetapi juga pertemuan antara dua ketua umum partai politik.

"Itu pasti pertemuan sesama menteri, tapi juga pasti membahas bagaimana konstelasi politik mutakhir terkait beberapa perkembangan," ujar Ari kepada wartawan, Rabu (21/9/2022).

Ari menjelaskan pertemuan itu juga bisa dimaknai sebagai upaya untuk menjalin komunikasi politik untuk keperluan Pilpres 2024. Jika hal itu terjadi, maka akan ada kemungkinan pilpres diikuti 3 pasangan calon.

"Pertemuan menteri ini harus dibaca bagaimana sebenarnya mengarah pada 2 poros atau 3 poros. Tapi lebih berpeluang 3 pasangan," tuturnya.

Baca Juga: Gerindra Sebut Ada Pihak yang Mau Jegal Prabowo Nyapres

Menurutnya, pertemuan itu dilandasi oleh Anies Baswedan yang menyatakan kesiapan untuk maju dalam kontestasi 2024. 

“Kuncinya adalah sebenarnya posisi Anies kemudian dengan statemen itu menjadi katalisator bagaimana poros Nasdem, Demokrat, PKS itu semakin konkret karena figur Anies sudah siap," bebernya.

Jika kerjasama itu terwujud, terbentuklah koalisi gemuk antara Golkar dan Gerindra. Di sisi lain, kekuatan politik itu akan menaikkan nilai tawar koalisi terhadap PDIP.

Meski demikian, Ari lebih condong pada kemungkinan adanya 3 poros dalam Pilpres 2024.  Pasalnya PDIP memiliki tiket untuk mengusung capres dan cawapres sendiri.

“Pilihannya PDIP maju sendiri berarti ada 3 poros dan 3 capres, atau PDIP bergabung sekalian dengan Gerindra-Golkar. Itu bisa menjadi koalisi gemuk," urai Ari.

Baca Juga: Prabowo Dijegal Nyapres Lewat Baliho, Gerindra Tempuh Jalur Hukum

Sementara itu, Politikus Partai Golkar Dave Laksono bilang pertemuan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menunjukkan keharmonisan antara kedua tokoh dan partainya. 

“Hubungan tetap baik dan terjalin dengan sempurna untuk terus bekerja demi menyelesaikan seluruh target-target pemerintah,” beber Dave.

Ditanya apakah pertemuan itu juga membahas perihal politik, Dave menjawab diplomatis. Karena pembahasan secara tertutup dan jika sudah waktunya pasti akan diumumkan.

“Saya nggak bisa disclose, karena pembahasannya masih tertutup. Apabila sudah waktunya nanti, bisa diumumkan ke publik,“ tutup Dave.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US