Wakil Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta: Mutasi Jabatan Marullah Matali Kurang Bijaksana

- Jumat, 9 Desember 2022 | 13:27 WIB
Marullah Matali dalam sebuah acara (INDOZONE/Febyora Dwi Rahmayani)
Marullah Matali dalam sebuah acara (INDOZONE/Febyora Dwi Rahmayani)

Wakil Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta, August Hamonangan, menilai mutasi jabatan Marullah Matali sebagai sekretaris daerah (sekda) kurang bijaksana.

"Iya, saya juga memandang kebijakan penggantian sekda DKI tersebut kurang bijaksana," ujar August saat dikonfrimasi, Jumat (9/12/2022).

Menurutnya, itu karena Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, pernah menyampaikan akan tetap menjaga sinergi dengan anggota DPRD DKI Jakarta.

-
Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, di hadapan awak media (INDOZONE/Febyora Dwi Rahmayani)

Baca Juga: Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta: Sekda Definitif Harus Lincah!

"Lagi pula, pj gubernur pernah menyampaikan, di awal-awal pengesahan APBD 2023, bahwa beliau akan tetap menjaga hubungan harmonis dan sinergis dengan anggota DPRD DKI Jakarta," sambung August.

August menyatakan, seharusnya pj gubernur harus mengusulkan nama calon pengganti sekda ke DPRD DKI Jakarta sebelum mengambil kebijakan pergantian.

"Harusnya dalam mengambil kebijakan penggantian sekda prov tersebut, pj gubernur mengusulkan terlebih dahulu ke lembaga DPRD DKI Jakarta berikut siapa calon penggantinya," tambah August.

Bila pengganti sekda diusulkan terlebih dahulu ke DPRD DKI Jakarta, menurut August, nantinya DPRD DKI Jakarta akan melakukan fit and proper test. Jadi, tidak menimbulkan protes dan kekecewaan.

Baca Juga: Soal Calon Sekda DKI Jakarta, DPRD: Ada yang Sudah Komunikasi

"Tentunya kami, fraksi-fraksi (DPRD DKI Jakarta) berkeinginan melakukan fit and proper test terhadap calon yang diajukan. Sehingga, protes dan kekecewaan masyarakat seperti saat ini tidak terjadi," pungkas August.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X