The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Belum Tentukan Nama Capres dan Cawapres 2024, Sikap KIB Dipertanyakan
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah) berjabat tangan dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kanan) dan Wakil Ketua Umum PPP Amir Uskara (kiri) saat Pemantapan Visi dan Misi Koalisi Indonesia Bersatu. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
News

Belum Tentukan Nama Capres dan Cawapres 2024, Sikap KIB Dipertanyakan

Selasa, 01 November 2022 14:15 WIB 01 November 2022, 14:15 WIB

INDOZONE.ID - Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis (TPS) Agung Baskoro mempertanyakan sikap Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang belum mau mengkerucutkan nama calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang akan diusung pada Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024 mendatang.

KIB dinilai masih menunggu sikap tegas dari Partai PDIP tentang siapa nama capres yang akan diusung, yakni Puan Maharani atau Ganjar Pranowo.

"Selain belum mengerucutkan nama capres-cawapres, ada kesan menunggu sikap PDIP terkait siapa calon yang diusung di antara Puan dan Ganjar," ujar Agung dalam keterangan tertulis, Selasa (1/11/2022).

Baca Juga: Angka Dukungan Partai Golkar belum Menanjak Jelang Pemilu 2024, Ini Penyebabnya

Menurutnya hal tersebut menjadi pertanyaan banyak orang, karena Golkar sudah mengusung Ketua Umumnya Airlangga Hartarto sebagai calon presiden (capres). Namun, KIB masih belum mau memberikan nama capres dan cawapres 2024.

Agung menyatakan, Golkar juga disebut-sebut sebagai anggota KIB tertinggi dengan elektabilitas tertinggi. Namun, berdasarkan hasil temuan survei belum menunjukan elektabilitas Airlangga dapat maju sebagai capres.

"Walaupun temuan di survei-survei kredibel menunjukkan elektabilitas Airlangga belum mumpuni sebagai capres," sambung Agung.

Oleh karena itu, Agung menyatakan, belum adanya penentuan nama dalam Pilpres 2024 mendatang membuat sikap dan langkah KIB 'tersandera'.

"Balik ke hal fundamental, sampai kapan KIB tersandera? Padahal PDIP yang sudah lebih pasti bisa mengusung capres-cawapres sendiri?" pungkas Agung.

Baca Juga: Erick Thohir Berkomitmen Beri Kemudahan Milenial Punya Rumah 

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Lodewijk Frederich Paulus menegaskan partainya tetap mengutamakan Ketua Umum Airlangga Hartarto sebagai calon presiden yang akan diusung pada Pemilu 2024.

Menurut Lodewijk, hal tersebut sesuai dengan keputusan Musyawarah Nasional atau Munas 2019 dan Rapat Pimpinan Nasional Partai Golkar 2021.

"Golkar tetap mencalonkan Airlangga sebagai presiden," kata Lodewijk di TMP, Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (19/10/2022).

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) merupakan koalisi yang digagas oleh beberapa partai yakni Parti Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US