Jorok! Kuburan Kuno di Tebing Enrekang Banyak Sampah, Situs Budaya Kok Ditelantarkan?

- Selasa, 30 Agustus 2022 | 13:53 WIB
Tebing Mandu, objek wisata yang telantar (Z Creators/Rudi Hartono)
Tebing Mandu, objek wisata yang telantar (Z Creators/Rudi Hartono)

Tana Toraja atau Toraja Utara terkenal dengan situs permakaman kuno tempat menyimpan jenazah di atas bukit batu yang dipahat.

Namun siapa sangka jika di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan ada situs serupa. Namanya Tebing Mandu atau Situs Tontonan. Lokasinya berada di Sungai Mata Allo, Desa Tontonan, Kecamatan Anggeraja, Enrekang.

-
Situs Goa Tontonan yang penuh sampah (Z Creators/Rudi Hartono)

Keindahan Tebing Mandu yang berada tepat di pinggiran aliran sungai Mata Allo ini membuatnya kerap menjadi tempat promosi wisata yang ada di Kabupaten Enrekang. Namun sayang kondisinya sangat memprihatinkan.

"Melihat dari jauh saya sudah terpesona melihat Tebing Mandu ini, tapi ketika sampai saya sangat kecewa, situs keren begini sepertinya tidak diperhatikan, sampah berserakan, rumputnya tinggi, memang terkesan dibiarkan.” curhat Sukwan, pengunjung asal Surabaya.

-
Situs Tontonan penuh sampah (Z Creators/Rudi Hartono)

Sukwan sendiri rencananya akan berwisata ke Tana Toraja, namun sengaja mampir di Tebing Mandu setalah tahu akan melewati sejumlah tempat wisata bersejarah di Kabupaten Enrekang.

"Saya kan liat di Google Map dan tertarik untuk mampir. Tempatnya luar biasa, cuma itu saja jorok sekali. Memang sih masuk gratis, kalau mesti bayar untuk biaya perawatan saya kira enggak masalah, kasihan situ budaya terbengkalai begini.” lanjut Sukwan.

-
Pintu masuk Tebing Mandu Tontonan (Z Creators/Rudi Hartono)

Selain sampah yang berserakan, semak beluakar menutupi sejumlah fasilitas yang ada di tempat ini. Seperti taman dan juga gazebo.

Sebagai situs bersejarah, Situs Tontonan ini sudah tercatat sebagai salah satu cagar budaya Nusantara yang dilindungi oleh negara. Jadi secara enggak langsung keberadaannya sudah diakui baik secara Nasional maupun Internasional.

-
Situs Budaya yang dilindungi negara (Z Creators/Rudi Hartono)

Berkunjung ke Situs Tontonan tidak dipungut biaya alias gratis. Jarak yang harus ditempuh untuk ke Situs Tontonan dari pusat kota kurang lebih sejauh 18 kilometer. Di sepanjang perjalanan kamu bakal dimanjakan dengan lahan pertanian warga yang menghijau.

Artikel menarik lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X