Gegara Corona, Angka Kriminalitas di Jakarta Diklaim Menurun

- Senin, 30 Maret 2020 | 22:05 WIB
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Mewabahnya virus corona atau Covid-19 ternyata berdampak positif untuk menekan angka kriminalitas di Ibu Kota dan sekitarnya. Kini angka kejahatan sudah berkurang, dilihat dari total laporan masyarakat yang masuk ke polisi.

"Sampai dengan saat ini kriminal juga dilihat dari skala tren total ini menurun ya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (30/3/2020).

Kombes Yusri tidak merinci dengan detail berapa persen tingkat kejahatan menurun akibat wabah ini. Namun, dia menyebut jumlah laporan polisi berkurang dibanding sebelum adanya wabah corona.

"Dalam arti kata laporan polisi kita hitung perhari berapa, kita lihat ada berkurang," jelas Yusri.

Menurunnya tingkat kejahatan di ibu kota DKI Jakarta karena saat ini masyarakat sedang mementingkan dirinya masing-masing. Masyarakat mencoba tetap berada di rumah agar terhindar dari virus tersebut.

-
Ilustrasi lalu lintas di Jakarta lengang. (ANTARA/Dhemas Reviyanto)

 

"Karena fokus masyarakat bisa menyelamatkan diri masing-masing," kata Yusri.

Meski begitu, pihak Polda Metro Jaya tetap gencar mengantisipasi kejahatan-kejahatan di wilayahnya. Patroli-patroli juga digencarkan sekaligus patroli untuk mengimbau masyarakat untuk mengedepankan physical distancing agar tidak berkerumun.

"Kita harapkan masyarakat tinggal di rumah, ini salah satu upaya menghindari penyebaran Covid-19. Terus kita imbau, dikatakan di maklumat tidak ada lagi kegiatan kumpul-kumpul massa, kita lakukan semuanya," pungkas Yusri.

Artikel Menarik Lainnya 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X