Sering Merasa Overthinking? Coba Atasi dengan 5 Tips Ini

- Jumat, 9 Agustus 2019 | 11:44 WIB
photo/Pexels
photo/Pexels

Sebagian orang mungkin ada yang suka memikirkan sesuatu secara berlebihan atau overthinking, termasuk pada hal-hal sepele di sekitarnya. Overthinking mungkin baik karena memikirkan segala kemungkinan yang akan terjadi sebelum bertindak.

Namun, jika terus-menerus berada dalam situasi overthinking, ternyata itu bisa berdampak buruk bagi diri sendiri. Hal ini dikarenakan overthinking bisa mengarah kepada tekanan berlebihan tentang sesuatu yang belum terjadi. Akibatnya, seseorang menjadi tidak tenang dan terus risau terhadap hidupnya sendiri.

Overthinking bisa membuat seseorang menjadi tidak nyaman dan berujung pada pembatasan diri untuk berkembang dengan lingkungan sekitar. Untuk itu, overthinking harus segera diatasi. Bagaimana caranya?

Dirangkum Indozone dari berbagai sumber, Jumat (9/8), berikut ini 5 cara mengatasi pikiran berlebihan atau overthinking:

1. Berdiskusi dengan Orang Sekitar

-
photo/Pexels

Salah satu penyebab orang mengalami overthinking adalah terbiasa melakukan segala sesuatu sendirian. Untuk itu, sebaiknya mulai sekarang kamu coba sering berdiskusi dengan orang-orang sekitar, seperti keluarga, rekan kerja, atau teman dekat.

2. Mulailah dengan Tindakan Kecil

-
photo/Pexels

Ini penting dilakukan, mengingat overthinking bisa timbul karena terlalu banyak rencana atau target yang ingin dicapai. Oleh karenanya, mulailah dengan melakukan tindakan kecil untuk orang-orang di sekitar. Lakukan itu setiap hari dan beri sugesti kepada diri sendiri bahwa semuanya dapat berjalan dengan baik.

3. Atur Batas Waktu Untuk Membuat Keputusan

-
photo/Pexels

Cara mudah untuk menghentikan kondisi overthinking yakni dengan mengatur dan menetapkan batas waktu bagi diri sendiri untuk berpikir dan membuat keputusan. Sebab, terlalu banyak berpikir tanpa membuahkan hasil hanya akan membuang waktu saja. Menurut studi, manusia diperkirakan memiliki sekitar 70.000 pikiran setiap hari dan 90% di antaranya adalah pikiran yag sama seperti hari sebelumnya (berulang-ulang).

4. Belajar Menyadari Kenyataan

-
photo/Pexels

Ketika mulai merasa overthinking, maka cara mengatasinya adalah tidak melakukan apapun dan cukup mengamati situasi di sekitar yang sedang terjadi. Seorang psikoterapis bernama Amy Morin mengatakan, hal penting yang harus diketahui bahwa pikiran berlebihan hanya akan membuat diri menjadi tidak produktif.

5. Tulislah Apapun yang Dipikirkan di Kertas

-
photo/Pexels

Overthinking akan semakin parah jika seseorang membiarkan dirinya terus-menerus berpikir. Apalagi, jika sesuatu yang dipikirkan tidak punya tempat untuk menuangkannya. Untuk itu, kamu bisa mencoba menuliskan apapun beban atau sesuatu yang ada di pikiranmu ke dalam secarik kertas. Dengan menulis, pikiran akan menjadi lebih lega.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X