Kemenhub Minta Seluruh Bandara Jalankan Protokol Social Distancing
Penerapan social distancing di area terminal Bandara Soekarno-Hatta. (Dok. PT Angkasa Pura II)
News

Kemenhub Minta Seluruh Bandara Jalankan Protokol Social Distancing

Mulai ada jarak dalam pelayanan.

Kamis, 19 Maret 2020 07:17 WIB 19 Maret 2020, 07:17 WIB

INDOZONE.ID - Direktorat Jendral Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Ditjen Hubud Kemenhub) memastikan seluruh bandara di Indonesia saat ini telah menjalankan protokol social distancing. Hal itu sebagai langkah pencegahan penyebaran wabah virus corona (Covid-19) masuk melalui bandara. 

Direktur Jenderal Perhubungan Udara (Dirjen Hubud) Novie Riyanto mengatakan, seluruh bandara telah meningkatkan kebersihan, melakukan penyemprotan disinfektan, menyediakan hand sanitizer dan juga melaksanakan konsep social distancing di area pelayanan publik.

"Saya menyambut positif bahwa seluruh penyelenggara bandara  telah ikut mencegah penyebaran Covid-19  melalui jalur transportasi udara dengan melakukan langkah langkah sesuai dengan protokol pelayanan di area publik, bahkan banyak bandara telah melalukan "social distancing" dengan pengaturan antrian jarak satu meter antar orang seperti yang di lakukan di Bandara Soekarno Hatta dan Bandara APT Pranoto Samarinda serta bandara bandara lainnya," ujar Dirjen Novie di Jakarta, Rabu (18/4/2020) malam. 

Penerapan social distancing di area terminal Bandara Soekarno-Hatta.
Penerapan social distancing di area terminal Bandara Soekarno-Hatta. (Dok. PT Angkasa Pura II)

Dirjen Novie menambahkan bahwa pihaknya terus berkoordinasi dengan Kementerian atau Lembaga terkait, pemerintah daerah dan juga seluruh stakeholder penerbangan untuk melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 ini.

"Kami terus memonitor perkembangan masalah Covid-19 ini, karena ini demi kebaikan kita bersama," tuturnya. 

Tidak hanya itu, Dirjen Novie, juga mengimbau kepada pengguna jasa transportasi udara agar berperilaku hidup bersih dan sehat, dan apabila penumpang mengalami batuk dan flu untuk menggunakan masker selama berada di bandara maupun saat berada di pesawat.

"Dan bagi pengguna jasa transportasi udara yang mengalami sakit atau merasakan gejala akibat Covid-19, diharapkan untuk menghindari ataupun menunda perjalanannya hingga kondisi fisik kembali pulih dan dapat beraktifitas kembali," pungkasnya. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
M Fadli
Sigit Nugroho

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU