Quraish Shihab: Nabi Pernah Salat Tarawih Hanya Tiga Malam di Masjid

- Jumat, 24 April 2020 | 14:40 WIB
Quraish Shihab. (Instagram/@quraish.shihab)
Quraish Shihab. (Instagram/@quraish.shihab)

Ulama sekaligus tokoh agama, Prof Muhammad Quraish Shihab mengatakan Nabi Muhammad SAW pernah Salat Tarawih hanya 3 malam pertama berturut-turut di masjid saat Ramadan. Sementara itu, 27 hari lainnya dilakukan Nabi Muhammad di rumah.

"Nabi hanya melakukannya tiga malam berturut-turut kemudian setelah itu beliau melaksanakannya di rumah," kata Quraish Shihab, Jumat, (24/4/2020)

Hal tersebut disampaikan oleh Quraish Shihab dalam konferensi video di Graha BNPB Jakarta, Jumat dengan pembahasan "Ibadah Ramadhan #dirumahaja".

Oleh karena itu, tak masalah jika umat Muslim tidak ke masjid di tengah pandemi COVID-19 ini. Quraish Shihab juga mengatakan, salat di rumah justru menandakan bahwa umat Muslim meneladani Rasulullah SAW.

"Bahkan kita bisa berkata bahwa kita salat di rumah justru meneladani Rasulullah SAW yang shalat di rumah," ungkapnya.

Meski demikian, bukan berarti menjadi lebih baik dari apa yang dilakukan oleh Saidina Umar yang menganjurkan salat di masjid.

Namun, paling tidak umat Muslim memiliki landasan bahwa salat di rumah adalah contoh yang diberikan oleh Rasulullah SAW.

Quraish Shihab juga menegaskan memelihara kesehatan adalah kewajiban bagi setiap Muslim, oleh karena itu jangan ke masjid dulu selama masa pandemi ini.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X