Seekor Harimau Berkeliaran di Dekat Fasilitas Chevron Riau

- Rabu, 7 Agustus 2019 | 14:30 WIB
Screenshot
Screenshot

Seekor harimau sumatera (panthera tigris sumatrea) liar tertangkap kamera sedang berkeliaran di dekat fasilitas minyak PT Chevron Pacific Indonesia di Kabupaten Siak, Riau pada Rabu (7/8/19).

Harimau tersebut diketahui muncul pagi hari sekitar jam 07.00 WIB. Kabar munculnya harimau tersebut juga telah dibenarkan oleh Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Suharyono.

Video penampakan harimau tersebut juga sudah menyebar di media sosial. Dalam video, satwa belang tersebut terlihat berlari di dekat pagar fasilitas Chevron. Video tersebut diambil oleh petugas sekuriti di Kilometer 5 jalan lintas timur sumatera dekat fasilitas stasiun pengumpul atau Gathering Station (GS) 5 Chevron di Minas, Siak.

Suharyono mengatakan bahwa ini adalah pertama kalinya satwa dilindungi tersebut terlihat jelas berkeliaran pada pagi hari di fasilitas minyak tersebut. Kuat dugaan harimau tersebut berkeliaran dipicu oleh gangguan pada ekosistem dan lingkungan yang menjadi habitat harimau.

Diketahui, kebakaran hutan dan lahan makin meluas di Riau sejak akhir Juli lalu. Kebakaran hutan tersebut mengakibatkan kabut asap di sebagian daerah. Siak menjadi salah satu daerah yang dilanda kebakaran tersebut.

"Ini karena habitat terganggu, apalagi kondisi alam seperti ini (karhutla) sehingga satwa ini keluar karena kondisi alam yang kurang nyaman. Harapan saya jangan dia dianggap sebagai musuh," ucap Suharyono.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X