TransJakarta Bantah Keterlibatan Pihaknya Soal Bus Mangkrak di Ciputat

- Kamis, 1 Agustus 2019 | 12:06 WIB
Antara/Yulius Satria Wijaya
Antara/Yulius Satria Wijaya

PT TransJakarta membantah keterlibatan pihaknya soal bus bertuliskan TransJakarta yang mangkrak di kawasan Ciputat dan Bogor. Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Pelayanan dan Pengembangan PT TransJakarta Achmad Izzul Waro pada Rabu (31/7) di Jakarta.

Achmad mengatakan bahwa bus mangkrak tersebut berasal dari pengadaan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan pada 2013. Namun, pengadaan bus tersebut sudah dibatalkan, sehingga urusan bus mangkrak itu sudah tidak ada lagi hubungannya dengan PT TransJakarta saat ini.

"Sebelum TransJakarta lahir, kami sebagai PT juga enggak tahu menahu bagaimana prosesnya dan juga nggak terlibat," ujar Achmad.

Menurut Achmad, bus mangkrak itu milik kontraktor pemenang lelang pada tahun 2013, dan hingga saat ini masih ada piutang yang harus dikembalikan karena pembatalan kontrak.

Achmad juga menyebut kontraktor pemenang bus tersebut ada lebih dari satu perusahaan, sehingga sekitar 300 bus yang mangkrak tersebut berasal dari pemilik yang berbeda-beda. "Kontraktor pemenang lebih dari satu. Salah satunya PT Inka Inobus, hanya salah satu perusahaan pemenang," ungkapnya.

Sebelumnya, sejumlah bus bertuliskan TransJakarta ditemukan terbengkalai di Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) Ciputat, Tangerang Selatan. Selain itu, juga ada kurang lebih 300 bus Transjakarta dengan kondisi tak terawat diparkir di lahan kosong di Dramaga sejak 2018.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X