The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini Loh Investasi yang Cocok Buat Milenial
Sejumlah orang mengamati layar pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta. (Antara/Indrianto Eko Suwarso)
News

Ini Loh Investasi yang Cocok Buat Milenial

Senin, 04 November 2019 09:28 WIB 04 November 2019, 09:28 WIB

INDOZONE.ID - Ada berbagai macam portofolio investasi yang cocok untuk milenial, mulai dari Reksadana, Obligasi Ritel Indonesia (ORI), hingga Efek Beragun Aset-Surat Partisipasi Ritel (EBA-SP Ritel).

Keseluruhan portofolio investasi itu diciptakan untuk memberi kemudahan bagi investor milenial, utamanya karena nilai investasi yang relatif terjangkau dan sangat mudah untuk melakukannya. 

Meski ketiga portofolio investasi diatas relatif paling aman untuk investor pemula, namun Reksadana dianggap memiliki karakteristik investasi yang paling likuid dengan imbal hasil yang menarik, dibandingkan portofolio investasi lainnya. 

"Keunggulan Reksadana pertama adalah time saving, jadi mereka tinggal menyerahkan saja ke manajer investasinya itu untuk mengelolanya seperti apa," ujar Liyanto Sudarso, analis pasar modal yang juga penulis buku 'Taktis Berinvestasi Reksadana', saat berbincang dengan indozone.id di Jakarta, beberapa waktu lalu. 

Selanjutnya, kata Liyanto, investasi Reksadana tersebut, termasuk dalam kelompok penghasilan tidak kena pajak. Reksadana selama ini tidak termasuk sebagai objek pajak. 

"Jadi mereka gak pusing-pusing nanti, haduh harus bayar pajak lagi atau gimana," kata dia. 

Kemudian yang ketiga dan menurutnya paling menarik adalah, imbal hasil dari Reksadana, khususnya Reksadana pasar uang, nilainya jauh lebih tinggi diatas kenaikan dari Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). 

"Kita lihat, kalau dari fund sucor (succorinvest) misalnya, selama tiga atau empat tahun terakhir ini returnnya jauh Diatas IHSG. Jadi bisa dibilang menguntungkan banget daripada mereka yang invesat di IHSG langsung (trading saham)," pungkasnya. (SN)

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Indozone
Astrid Dwijayanti
Astrid

Astrid

Writer
JOIN US
JOIN US