Menag Fachrul Razi Diminta Tak Lebay soal Fenomena ASN Bercadar

- Kamis, 31 Oktober 2019 | 17:12 WIB
Menteri Agama, Fachrul Razi (Antara/Puspa Perwitasari).
Menteri Agama, Fachrul Razi (Antara/Puspa Perwitasari).

Anggota DPR Fraksi Gerindra, Sodik Mujahid, meminta Menteri Agama, Fachrul Razi untuk tidak berlebihan menyikapi fenomena Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memakai cadar dan celana cingkrang

Sodik menilai penggunaan cadar dan celana cingkrang dilindungi Undang-Undang karena merupakan nilai-nilai dalam beragama. Unsur radikalisme pun belum bisa dipastikan terpapar dalam diri sang pengguna. 

"Saya khawatir berlebihan. Kalau orang patuh kepada agama yang baik itu tidak otomatis masuk radikal. Maka menteri-menteri aparat keamanan harus cermat lihat datanya, tidak dibesar-besarkan," kata Sodik di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (31/10). 

Menag punya sejumlah pertimbangan untuk mengkaji larangan penggunaan cadar di lingkungan pemerintah. Beberapa di antaranya adalah faktor keamanan dan kerapihan dalam berpakaian. 

Namun, Fachrul menilai cara menangkal radikalisme tidak hanya lewat kebijakan larangan cadar dan celana cingkrang. Perlu ada edukasi mendalam dari pemerintah agar masyarakat minim terpapar paham negatif. 

"Jadi kita lakukan edukasi yang benar. Hukum yang benar, dan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai kebebasan berpendapat. Kalau pembatasan di tempat-tempat ibadah, kemunduran demokrasi dan kemunduran nilai-nilai agama yang dijamin oleh UUD," tutur Sodik. 

"Edukasinya oleh pemerintah jangan kalah oleh masyarakat. Sehingga ASN itu terbina," ujar Sodik. (MA)

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X