Perintah Anies Baswedan Tanggulangi Banjir Jakarta

- Rabu, 1 Januari 2020 | 12:02 WIB
Warga mendorong sepeda motornya saat banjir menggenangi Jalan Taman Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (1/1/2020). Hujan deras yang mengguyur DKI Jakarta membuat sejumlah wilayah di Ibu Kota terendam banjir. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc).
Warga mendorong sepeda motornya saat banjir menggenangi Jalan Taman Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (1/1/2020). Hujan deras yang mengguyur DKI Jakarta membuat sejumlah wilayah di Ibu Kota terendam banjir. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc).

Hujan yang terus mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya mulai dari malam sampai pagi tadi membuat beberapa wilayah tergenang banjir. Bahkan ada beberapa fasilitas publik pun tak luput dari dampak tersebut.

Melihat kondisi tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menginstrusikan kepada jajaran Pemprov DKI Jakarta untuk prioritaskan keselatan warga. 

Pesan tersebut dikirimkan melalui voice note dan disebarkan melalui WhatsApps Messenger. Berikut isi pesannya.

1. Berkoordinasi dengan Lurah Setempat untuk selamatkan warga.

Gubernur memerintahkan para jajarannya untuk turun langsung dan berkoordinasi dengan para Lurah yang wilayahnya terdampak. Tujuannya untuk menyelamatkan warga.

"Saya Anies Baswedan, menyampaikan pesan ini kepada jajaran Pemprov DKI Jakarta. Pagi ini, Hari Rabu, di berbagai tempat di Jakarta mengalami banjir. Sejak Selasa kemarin, kawasan barat Pulau Jawa mengalami hujan yang cukup insentif, masih berlangsung hingga pagi ini. Karena itu, saya instrusikan kepada jajaran pemprov DKI Jakarta untuk turun tangan langsung, datangi kantor kelurahan terdekat, bekerja di bawah koordinasi para Lurah, membantu untuk menyelamatkan warga," ujar Anies dalam pesan tersebut. 

2. Menyiapkan sarana evakuasi bagi wilayah yang terdampak.  

Gubernur juga memerintahkan jajarannya untuk mempersiapkan sarana evakuasi, termasuk menyiapkan tempat pengungsian dan sarana bagi para pengungsi.Mulai dari tempat, makanan, tenaga kesehatan, dan beberapa pra sarana lainnya. 

"Siapkan evakuasi warga terdampak. Pastikan tempat-tempat pengungsian segera siap. Seluruh kantor pemerintahan, sekolah, harus siap menjadi tempat pengungsian. Siapkan dapur umum, siapkan pos kesehatan, dan pastikan semua tenaga kesehatan siap, obat-obatan, makanan siap saji, air minum, alas tidur, toilet umum dan semua kebutuhan dasar lainnya supaya segera dalam posisi siap. 

3. Instruksi kepada walikota untuk menjaga keselamatan warga. 

Tak lupa, Anies juga menginstruksikan kepada para walikota turut terlibat dan melakukan koordinasi untuk menjaga keselatan warga dari dampak banjir. 

"Pastikan keamanan warga di tempat tinggal dan di jalanan aman. Kepada para walikota untuk lakukan koordinasi di wilayahnya masing-masing. Pastikan warga terbebas dari bahaya listrik, pohon tumbang, dan semacamnya."

4. Memantau kelancaran lalu lintas dan mengamankan transportasi publik. 

Dalam pesannya, Anies juga menginstrusikan para jajarannya untuk menangani jalur lalu lintas yang terkena dampak, sekaligus mengamankan moda transportasi publik.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X