Jangan Geer, Mata Kedutan Bukan Berarti Dikangenin Mantan!

- Sabtu, 25 Mei 2019 | 17:09 WIB
Ilustrasi/Chinatimes
Ilustrasi/Chinatimes

Setiap orang pasti pernah mengalami mata kedutan. Bahkan biasanya, mata kedutan sering kali dijadikan bercandaan bahwa tanda ada seorang yang lagi merindukan kita. Padahal, mata kedutan itu memang ada penyebab lainnya.

Menurut profesor di Truhlsen Eye Institute of the University of Nebraska Medical Center, Donny Suh, MD, kedutan di mata itu hanya merupakan stimulasi berlebihan dari otot mata.

Jadi, stimulasi yang berlebihan itulah yang menyebabkan kontraksi otot tanpa sadar, yang berbentuk kedutan di kelopak mata. Ada hal yang dapat memicu mata kedutan, seperti penyakit autoimun, mata kering, penuaan, dan obat-obatan.

Selain itu, hal yang paling sering menyebabkan mata kedutan karena stres dan kurang tidur. Kemudian terlalu banyak mengonsumsi kafein, alkohol maupun nikotin.

"Kedutan umumnya tidak serius dan tidak bertahan lama. Masalahnya adalah sekali kamu kedutan, kadang bisa menimbulkan lingkaran setan (karena menyebabkan rasa cemas, yang mencegahnya cepat hilang)," kata Dr Suh.

Namun, ketika terjadi kedutan yang berkepanjangan dan membuat pandangan mata menjadi berbayang, Dr Suh menyarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter mata. Sebab, hal tersebut bisa jadi tanda awal dari kondisi yang lebih serius.

Jika kedutan di mata kerap muncul, maka harus mengubah gaya hidup. Jika mencurigai penyebab mata kedutan karena stres dan rasa lelah, maka segeralah terapkan waktu tidur yang cukup atau mencoba teknik relaksasi.

"Cuma butuh 10 sampai 15 detik, jadi nggak bisa lagi beralasan nggak ada waktu," kata Dr Suh.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X