Mudahkan Akses Energi, Pertamina Bangun 62 Pertashop di Jatimbalinus

- Jumat, 18 September 2020 | 11:36 WIB
Ilustrasi pengisian bahan bakar di Pertashop Pertamina (Dok.Pertamina)
Ilustrasi pengisian bahan bakar di Pertashop Pertamina (Dok.Pertamina)

PT Pertamina (Persero) terus berupaya memberikan akses energi hingga pelosok desa dengan pengadaan Pertashop di sejumlah daerah. Hingga pertengahan September 2020 ini, Pertamina telah mengoperasikan Pertashop di 62 titik penyaluran yang tersebar di wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara (Jatimbalinus).

Ini adalah upaya PT Pertamina (Persero) untuk berinovasi dalam upaya meningkatkan layanan kepada masyarakat, khususnya di wilayah pedesaan yang jauh dari lokasi SPBU atau Agen LPG.

Unit Manager Communication, Relations & CSR MOR V, Rustam Aji menjelaskan bahwa setelah memasuki adaptasi kebiasaan baru, Pertamina kembali menggencarkan pembangunan Pertashop di sejumlah wilayah di Jatimbalinus.

“Pertashop sendiri merupakan lembaga penyalur Pertamina berskala kecil, untuk melayani kebutuhan konsumen BBM yang tidak/belum terlayani oleh lembaga penyalur resmi Pertamina lainnya seperti SPBU,” kata Rustam, Jumat (18/9/2020).

Program sinergi ini merupakan tindak lanjut Nota Kesepahaman Kementerian Dalam Negeri dengan PT Pertamina (Persero) tanggal 18 Februari 2020 tentang Dukungan Pemerintah dan Masyarakat Desa dalam Peningkatan dan Pengembangan Program Pertashop di desa.

Hal ini dimaksudkan untuk mendukung pemenuhan BBM di desa, terutama di 53% Kecamatan di Indonesia yang belum terjangkau akses SPBU dengan memanfaatkan asset desa untuk akses pelayanan energi bagi masyarakat.

“Pertamina akan membangun kerjasama dengan berbagai pihak, untuk dapat melayani masyarakat dengan memperluas jaringan distribusi dan aksesibilitas masyarakat terhadap energi yang menjadi salah satu roda penting kehidupan sehari-hari,” tambahnya.

Pembangunan Pertashop diprioritaskan untuk daerah-daerah yang belum terjangkau SPBU, dengan tetap mengedepankan aspek Health, Safety, Security, and Environment (HSSE)

Pertashop di wilayah MOR V tersebut tersebar 48 titik di Jawa Timur, 7 titik di Bali, dan 7 titik di Nusa Tenggara Barat yang disuplai oleh Integrated Terminal dan Fuel Terminal yang dimiliki oleh Pertamina di ketiga provinsi tersebut.

“Sampai dengan September ini, Pertashop telah mencapai 76% dari target 82 titik penyaluran yang tertuang di Nota Kesepahaman Kementerian Dalam Negeri”, jelasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X