Kantornya Didemo Buruh, Ganjar: Nggak Usah Disuruh, Saya Sudah Sampaikan Aspirasi ke Pusat

- Senin, 12 Oktober 2020 | 17:38 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo temui buruh yang demo di depan kantornya (Dok Istimewa)
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo temui buruh yang demo di depan kantornya (Dok Istimewa)

Ribuan buruh menggelar unjuk rasa di depan Kantor Gubernur Jawa Tengah pada Senin (12/10/2020). Para buruh tersebut tetap menolak Undang-undang Cipta Kerja yang baru saja disahkan oleh DPR RI beberapa hari lalu.

Kantornya didatangi oleh para demonstran, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pun menemui dan berbicara di hadapan para buruh.

Dengan naik ke atas mobil komando, Ganjar menegaskan siap mendampingi para buruh dalam menyampaikan aspirasi terkait Undang-undang Cipta Kerja. Bahkan tak perlu diperintah, Ganjar menegaskan sudah menelpon para menteri terkait tuntutan para buruh itu.

Ganjar pun meminta kepada para buruh agar tertib dalam menyampaikan aspirasi dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Saya tahu perasaan panjenengan, maka saat terjadi keramaian ini, nggak usahlah saya disuruh-suruh. Saya langsung telepon menteri dan menyampaikan aspirasi panjenengan semuanya," kata politisi PDIP tersebut.

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan jika sejumlah menteri belum mengetahui secara pasti apa isi dari Undang-undang Cipta Kerja tersebut lantaran draf nya belum keluar. 

-
Ganjar Pranowo temui buruh yang demo

 

"Buruh yang menolak kebingungan, kami juga tidak tahu. Maka saya mendorong pemerintah pusat agar segera memberikan draft salinan undang-undang itu. Teman-teman jangan khawatir, Jakarta sudah mendengar suara dari Jawa Tengah," tuturnya.

Ia pun mengapresiasi aksi demonstrasi yang digelar para buruh hari ini karena berlangsung lancar dan tertib.

"Mereka izin baik-baik dan menyampaikan suara dengan cara yang baik pula. Mudah-mudahan ini bisa jadi contoh. Jangan khawatir, kami berkomunikasi terus dengan pemerintah pusat untuk menyampaikan pendapat buruh," tegasnya.

Ganjar menegaskan pihaknya tidak melarang aksi demonstrasi. Ruang menyampaikan pendapat ia buka lebar-lebar. Bahkan tak hanya sendiri, saat turun itu Ganjar juga mengajak perwakilan DPRD Jateng, Kapolda dan Pangdam IV Diponegoro untuk menemui buruh.

-
Ganjar Pranowo temui buruh yang demonstrasi

 

"Terbukti kan, kita bisa bicara baik-baik. Tadi juga saya senang, mereka sadar protokol kesehatan. Mereka teriak-teriak pakai masker, jaga jarak. Maka saya sampaikan, ayo damai, apalagi sekarang Covid-19, kan bahaya kalau terjadi outbreak karena kumpul-kumpul seperti ini. Saya itu selalu deg-degan kalau ada keramaian," terangnya.

Selain itu, Ganjar juga mendorong pemerintah pusat untuk segera menyampaikan draft salinan resmi Undang-Undang Cipta Kerja kepada masyarakat sehingga bisa mempelajari dan memahami setiap pasal yang ditetapkan.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X