The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Harga Emas Relatif Stabil dan Bergerak Menuju Kuartal Terbaik 
Ilustrasi emas batangan. (Freepik).
News

Harga Emas Relatif Stabil dan Bergerak Menuju Kuartal Terbaik 

Dalam empat tahun terakhir.

Selasa, 30 Juni 2020 11:16 WIB 30 Juni 2020, 11:16 WIB

INDOZONE.ID - Harga emas relatif stabil pada Selasa pagi (30/6/2020) dan bergerak ke arah kenaikan kuartalan terbesar, dalam empat tahun terakhir. Hal itu menyusul kekhawatiran atas meningkatnya kasus virus corona di seluruh dunia dan mendorong permintaan terhadap logam safe-haven tersebut. 

Harga emas di pasar spot sebagian besar tidak berubah di posisi USD1.770,77 per ounce pada pukul 07.52 WIB, hanya terpaut USD8,29 dari tingkat tertinggi delapan tahun USD1.779,06 per ounce, yang dicapai pekan lalu.

Emas, dengan kenaikan lebih dari 12% pada kuartal ini, berada di jalur terbaiknya sejak akhir Maret 2016. Logam kuning itu juga menuju kenaikan bulanan ketiga beruntun. Sementara, emas berjangka Amerika Serikat datar di posisi USD1.781,20 per ounce.

Texas, Florida, dan California merupakan dua di antara negara bagian Amerika yang menghentikan rencana pembukaan kembali aktivitas ekonomi dan menutup bisnis seperti bar untuk memperlambat penyebaran virus corona.

Ilustrasi emas.
Ilustrasi emas. (Pexels/Michael Steinberg)

Chairman Federal Reserve, Jerome Powell, Senin, mengatakan prospek ekonomi Amerika sangat tidak pasti dan akan bergantung pada penanggulangan virus corona serta upaya pemerintah untuk mendukung pemulihan.

Logam kuning itu sebagian besar dianggap sebagai investasi yang aman selama masa ketidakpastian politik dan keuangan.

Sementara, data AS yang optimistis mendorong optimisme baru pada ekonomi terbesar di dunia itu, dan mengangkat sentimen investor terhadap aset berisiko.

Di Asia, aktivitas pabrik Tiongkok meningkat pada laju yang lebih cepat selama periode Juni, mengalahkan ekspektasi, sedangkan aktivitas di sektor jasa negara itu berkembang pada tingkat tercepat dalam tujuh bulan, data resmi menunjukkan.

Logam lainnya, palladium turun 0,1% menjadi USD1.902,68 per ounce, sementara platinum naik 0,1% menjadi USD806,22 per ounce dan perak kehilangan 0,3% menjadi USD17,81 per ounce. 

Sementara itu dari dalam negeri, harga emas batangan bersertifikat Antam keluaran Logam Mulia PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) naik signifikan pada hari ini. 

Dikutip dari situs Logam Mulia, harga pecahan satu gram emas Antam berada di Rp 918.000. Harga emas Antam ini naik Rp 7.000 dari harga Senin (29/6/2020) lalu yang berada di level Rp 911.000.

Sementara itu, harga pembelian kembali atau buyback emas Antam naik Rp 8.000 dan berada di Rp 814.000.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
M Fadli
Sigit Nugroho
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor
M Fadli

M Fadli

Writer
Sigit Nugroho

Sigit Nugroho

Reporter
JOIN US
JOIN US